DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 14:55 WIB

Cerita Bupati Magetan yang Selalu Ngonthel ke Kantor Sejak Dilantik

Sugeng Harianto - detikNews
Cerita Bupati Magetan yang Selalu Ngonthel ke Kantor Sejak Dilantik Bupati Magetan Suprowoto ke kantor dengan bersepeda/Foto: Istimewa
Magetan - Magetan berada di kaki Gunung Lawu dengan kualitas udara yang relatif masih baik. Bupati Magetan Suprawoto terus mengampanyekan pengurangan emisi gas buang dengan selalu mengayuh sepeda dari rumah dinas ke kantor.

Sejak dilantik pada akhir September 2018 lalu, Suprawoto semakin identik dengan sepeda onthel kuno miliknya. Ia selalu mengayuh sepeda tersebut setiap hari pukul 06.30 WIB. Yakni dari rumah dinas yang berada di belakang Pendopo Surya Graha, Jalan Basuki Rahmad Selatan No 1, Magetan menuju kantor yang berada di Jalan Basuki Rahmad Timur No 1. Jaraknya sekitar 500 meter.

"Kita memang sedang galakkan peduli terhadap penyelamatan lingkungan, dengan pengurangan gas emisi akibat penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM). Salah satunya dengan membiasakan bersepeda saat menuju kantor," ujar Suprawoto kepada detikcom saat persiapan berangkat ke kantor, Senin (18/3/2019).


Sebagai pemimpin daerah di Magetan, Suprawoto sadar jika tugasnya tidaknya hanya melayani masyarakat, tapi juga mengajak warga menuju hidup yang lebih berkualitas. Ia berharap, kebiasaannya menjaga lingkungan dengan bersepeda ditiru warganya secara perlahan.

"Kita memang sangat konsen terkait isu penyelamatan lingkungan. Setelah di lantik saya getol untuk mengampanyekan ini agar juga di tiru oleh semua OPD," imbuhnya.
Bupati Magetan Suprowoto ke kantor dengan bersepedaBupati Magetan Suprowoto ke kantor dengan bersepeda Foto: Istimewa

Bupati yang akrab disapa Kang Woto ini menambahkan, apa yang ia dilakukan hanyalah langkah kecil untuk mengurangi emisi gas. Meski begitu, ia tidak memungkiri jika banyak manfaat lain dari bersepeda.

"Dengan diawali dari diri sendiri insyaallah terwujud. Dengan bersepeda kita juga akan merasa dekat dengan masyarakat. Sekaligus menjadikan badan sehat dan yang jelas bisa berkontribusi dalam pengurangan gas emisi untuk kelestarian Bumi," tambahnya.


Mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melanjutkan, selain bersepeda ia juga kerap ke kantor dengan berjalan kaki. Ia menyempatkan menyapa warga saat melewati Masjid Agung dan berputar mengelilingi Alun-alun Magetan.

"Biasa kalau ketemu warga pasti saya suruh berhenti diajak ngobrol dan foto saya. Ada juga warga yang menyampaikan saran dan kritik nya secara langsung," lanjutnya.

Selain ingin mengurangi emisi gas dari kendaraan, Kang Woto juga giat berkampanye untuk pengurangan sampah plastik. "Kita juga gencar untuk mengkampanyekan kepada warga dalam pengurangan sampah plastik. Diawali dari jajaran pemerintahan dalam pengurangan penggunaan plastik begitu getol dilaksanakan juga," pungkasnya.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed