DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 13:19 WIB

Selundupkan 1 Kg Sabu, WN Malaysia Diamankan di Bandara Juanda

Suparno - detikNews
Selundupkan 1 Kg Sabu, WN Malaysia Diamankan di Bandara Juanda Dua pelaku penyelundup sabu yang ditangkap di Bandara Juanda (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Dua penumpang pesawat dari Malaysia yang turun di Bandara Juanda diamankan. Mereka harus berurusan dengan pihak berwajib setelah kedapatan hendak menyelundupkan sabu.

Dua penumpang itu adalah M Fakaruddin (31) warga Malaysia penumpang pesawat Citilink QG 523 dan Juhar (28), warga Bangkalan Madura, penumpang pesawat Air Asia QZ 323.

Mereka berdua diamankan di hari yang berbeda dengan modus yang berbeda pula. Fakarudin diamankan pada Kamis (7/3). Saat itu WN Malaysia ini menyelundupkan sabu ke dalam speaker. Namun saat melewati pemeriksaan x-ray, petugas curiga. Setelah speaker dibuka, didapati 1 kg sabu di dalamnya.


Sementara Juhar diamankan pada Jumat (8/3). Juhar mencoba menyelundupkan sabu di dalam duburnya. Melihat tingkah aneh Juhar, petugas menggiringnya dan memaksanya buang hajat. Benar saja, pada diri Juhar didapati lima benda berisi sabu dengan total berat 160 gram.

"Keduanya berupaya menyelundupkan sabu dengan modus yang berbeda. Namun atas sinergitas petugas gabungan Bandara Juanda Surabaya, mereka berhasil ditangkap," kata Kepala Bea dan Cukai Bandara Juanda Budi Harjanto kepada wartawan di lobi Terminal II Juanda, Senin (18/3/2019).


Budi mengatakan selain mengamankan sabu, pihaknya juga mengamankan paket kiriman berisi daun Cathinone pada Rabu (6/3). petugas Bea dan Cukai Juanda telah melakukan pemeriksaan paket kiriman dari luar negeri tersebut melalui kantor Pos. Berdasarkan analisa image X-Ray, paket tersebut berupa daun cathinone dengan berat sekitar 7,950 gram.

"Temuan tersebut langsung diserahkan ke Satresnarkoba Polresta Sidoarjo untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut," tambah Budi.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed