detikNews
Sabtu 16 Maret 2019, 15:32 WIB

Gara-gara Pamer Alat Kelamin, Pria Ini Terancam 10 Tahun Penjara

Enggran Eko Budianto - detikNews
Gara-gara Pamer Alat Kelamin, Pria Ini Terancam 10 Tahun Penjara Pelaku teror pamer alat kelamin di Mojokerto/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Pelaku pamer alat kelamin terhadap seorang wanita di Mojokerto berhasil diringkus. Atas perbuatannya, pria yang bekerja sebagai buruh pabrik itu terancam 10 tahun penjara.

Pelaku berinisial RK (38), warga Perumahan Jetis Permai, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. RK merupakan buruh di salah satu pabrik di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Muhammad Solikhin Fery mengatakan, RK diringkus di rumahnya pada Jumat (15/3) sekitar pukul 19.00 WIB. Selain itu, pihaknya juga menyita sejumlah barang yang membuktikan RK sebagai pelaku pamer alat kelamin beberapa waktu lalu. Yakni helm, jaket dan sepeda motor yang dipakai pelaku saat menjalankan aksinya.

"Helm, jaket dan sepeda motor sama dengan sosok pelaku yang difoto korban," kata Fery saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/3/2019).


Dia menjelaskan, RK telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat dengan Pasal 36 UU RI No 44 tahun 2008 tentang Pornografi. Karena RK telah mempertontonkan ketelanjangan dirinya di muka umum.

"Ancaman hukumannya paling lama 10 tahun penjara," imbuh Fery.

Terkait motif RK memamerkan alat kelaminnya, Fery mengaku masih melakukan pendalaman. Pihaknya akan memeriksakan kejiwaan tersangka ke psikolog.

"Akan kami periksakan ke psikolog," ujarnya.

Sampai saat ini, penyidik belum menemukan bukti keterkaitan RK dengan insiden serupa di jalan salah satu perumahan wilayah Kecamatan Sooko, Mojokerto Rabu (20/2). Saat itu seorang siswi SMA berusia 16 tahun menjadi korban pria yang memamerkan alat kelaminnya. Pria tersebut mengendarai sepeda motor Yamaha Mio hitam.


"Hasil pemeriksaan beda orang. Masih diperdalam bukti-bukti lain," tambahnya.

Aksi pamer alat kelamin yang dilakukan RK menyasar seorang wanita berusia 25 tahun di tepi Jalan Gajah Mada, Mojosari, tepatnya di depan SMA Kita Bakti, Rabu (13/3) sekitar pukul 07.30 WIB. Saat itu korban menunggu penjual kue. Dia di tempat itu sendirian, tapi banyak orang di sekitar lokasi.

Tak lama berselang, seorang pria berhenti di tepi jalan dekat dengan korban. Pria yang tak dia kenal ini memakai jaket putih dengan lengan hitam, celana jeans biru muda, helm warna putih, serta sepeda motor bebek warna hitam nopol S 6587 TC.

Sambil berpura-pura membetulkan posisi spion sepeda motornya, pria tak dikenal itu memamerkan alat kelaminnya ke korban. Perempuan asal Kecamatan Mojosari, Mojokerto itu pun bergegas pulang karena ketakutan.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com