DetikNews
Sabtu 16 Maret 2019, 15:12 WIB

Kampung di Sidoarjo ini Jadi Percontohan 'Kampung Bebas Narkoba'

Suparno Nodhor - detikNews
Kampung di Sidoarjo ini Jadi Percontohan Kampung Bebas Narkoba Kampung Bebas Narkoba di Sidoarjo/Foto: Suparno Nodhor
Sidoarjo - Salah satu kampung di Kabupaten Sidoarjo dijadikan pilot project Kampung Bebas Narkoba. Semua warganya negatif menggunakan narkoba setelah dilakukan tes urine.

Kampung yang dimaksud yakni RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo. Sang Ketua RT Edi Priyanto mengatakan, warganya sangat antusias dan menyambut positif ajakan Polresta Sidoarjo untuk menciptakan Kampung Bebas Narkoba di wilayahnya.

"Warga kami menyadari harus ada upaya dan langkah nyata untuk ikut serta dalam pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba dengan mendukung Polresta Sidoarjo menjadikan lingkungan kami sebagai pilot project kampung bebas narkoba di Sidoarjo," kata Edi kepada wartawan di kampung bebas narkoba, Sabtu (16/3/2019)

Penunjukan sebagai pilot project Kampung Bebas Narkoba tidak dilakukan dengan tiba-tiba. Namun melalui proses seleksi dan beberapa pertimbangan.


Salah satu alasan kenapa kampung tersebut terpilih karena merupakan daerah yang bebas dari permasalahan dan kasus peredaran narkoba. Selain itu, pada 2018 lalu kampung tersebut juga menjadi juara pertama dalam lomba Siskamling se-Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu, saat ini kampung tersebut juga tengah menjadi role model pengelolaan sampah. Wilayah RT tersebut dikenal dengan nama Kampung Edukasi Sampah di Sidoarjo.

"Sebelumnya Polresta Sidoarjo melakukan survey dan wawancara langsung kepada masyarakat, dan ternyata semua warga mendukung positif. Selanjutnya Polresta Sidoarjo melakukan proses pendampingan untuk mewujudkan Kampung Bebas Narkoba," lanjut Edi.

Kegiatan awal mewujudkan Kampung Bebas Narkoba dengan mengundang rapat koordinasi dengan melibatkan para warga RT 23, Pengurus RT, Pengurus RW, Lurah Sekardangan, Camat Sidoarjo, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.


Lebih lanjut Edi menjelaskan, pelaksanaan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya narkoba dilakukan secara berkala setiap minggu. Yakni dengan melibatkan anak-anak, remaja, kaum milenial hingga para orang tua di lingkungan Kelurahan Sekardangan.

"Juga telah dilakukan tes urine kepada seluruh warga RT 23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, dan hasil pemeriksaan secara keseluruhan dinyatakan negatif," ujar Edi.

Kasat Resnarkoba Polresta Sidoarjo Kompol Sugeng Purwanto mengatakan, awalnya kampung itu ditunjuk sebagai apresiasi karena menjadi juara pertama lomba Siskamling se Sidoarjo. "Setelah dilakukan tes urine seluruh warganya, hasilnya zero narkoba. Rencana ke depan Satresnarkoba Polresta Sidoarjo akan mengadakan setiap Polsekta jajaran diharuskan minimal ada satu kampung bebas narkoba," pungkas Sugeng.

Salah satu kegiatan Kampung Bebas Narkoba yakni menggelar sosialisasi tentang bahaya penggunaan narkoba.Warga diajak jalan sehat membawa papan poster yang berisi imbauan tentang bahaya narkoba dan ajakan hidup sehat. Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen warga untuk ikut mendukung wilayahnya menjadi Kampung Bebas Narkoba.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed