detikNews
Kamis 14 Maret 2019, 13:15 WIB

2019, Empat Ribu Rumah di Mojokerto Dapat Jaringan Gas Bumi

Enggran Eko Budianto - detikNews
2019, Empat Ribu Rumah di Mojokerto Dapat Jaringan Gas Bumi 4 Ribu Rumah di Mojokerto Dapat Jargas/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Sebanyak 4 ribu rumah di Kabupaten Mojokerto mendapat jaringan gas bumi (Jargas) gratis di tahun 2019. Jaringan untuk distribusi gas bumi ke rumah tangga itu diharapkan bisa menekan subsidi elpiji.

Komitmen pemasangan jargas dan distribusi gas bumi ini telah dibuat antara Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan Pemkab Mojokerto. Ribuan jargas itu menyasar 3 desa di Kecamatan Pungging. Dengan rincian 1.555 sambungan rumah (SR) di Desa Tunggal Pager, 1.390 SR di Desa Pungging dan 1.055 SR di Desa Kembangringgit.

Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi mengatakan, bantuan jargas tahun ini menambah jargas yang sudah terpasang sebelumnya. Menurut dia, tahun 2017 telah terpasang sekitar 5 ribu SR di Kecamatan Ngoro.

"Semoga dapat meningkatkan perekomomian masyarakat dan dimanfaatkan dengan baik," kata Pungkasidi dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (14/3/2019).

Dalam rilis yang sama, Sekjen Kementrian ESDM Ego Syahrial menjelaskan, pembangunan jargas menjadi upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan energi yang bersih, murah, ramah lingkungan, dan efisien. Pihaknya berharap, pemasangan jargas dan distribusi gas bumi ke rumah tangga bisa menekan penggunaan gas elpiji yang sebagian besar masih impor.

"Penggunaan jargas juga untuk menghemat elpiji sebanyak 216 ton per bulan dan mengurangi subsidi Rp 1,5 miliar per bulan," terangnya.

Selain dengan Pemkab Mojokerto, MoU juga dilakukan dengan 17 daerah lain di Indonesia. Meliputi Aceh Utara, Dumai, Jambi, Palembang, Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Bojonegoro, Lamongan, Kota Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Kutai Kartanegara, Wajo, dan Banggai Banggai. Pemasangan jargas dilakukan PT PGN yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero).

Sejak 2009 hingga 2018, pembangunan jargas telah menyasar 40 kabupaten dan kota di 16 provinsi di tanah ari. Jumlah jargas yang terpasang mencapai 325.852 SR.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com