DetikNews
Rabu 13 Maret 2019, 17:35 WIB

Ponpes Lirboyo Keluarkan Maklumat agar Santri Pilih Jokowi-Ma'ruf

Andhika Dwi - detikNews
Ponpes Lirboyo Keluarkan Maklumat agar Santri Pilih Jokowi-Maruf Foto: Andhika Dwi
Kediri - Pondok Pesantren Lirboyo di Kediri, Jawa Timur, mengeluarkan maklumat masyayikh (para kiai) untuk Pilpres 2019. Maklumat kiai itu ditujukan ke santri untuk memilih capres nomer 01.

Penyebaran maklumat tersebut dibenarkan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Alumni Ponpes Lirboyo (HIMASAL) Kh Abdulloh Kafabihi Mahrus saat dikonfirmasi detikcom di kediamannya.

"Iya, memang betul ada maklumat tersebut, khususnya untuk santri dan para alumni lirboyo sesuai isi mklumat," kata KH Kafabihi Mahrus. Rabu, (13/3/2019).


Maklumat tersebut menurut KH Kafabihi merupakan respons pesantren atas banyaknya alumni yang menunggu arahan dan sikap resmi para masyayikh (kiai) Pesantren Lirboyo pada Pilpres 2019 ini.

Menurutnya, di lapangan juga kerap dilakukan konsolidasi dengan para alumni untuk mewujudkan dukungan itu.

Sebelumnya, maklumat di atas kertas dengan kop Pesantren Lirboyo tersebut beredar di masyarakat. Surat itu bertanggal 12 Maret 2019.

Maklumat tersebut menginstruksikan kepada para santri dan alumni untuk melakukan tiga hal pada Pilpres 2019, yang pada intinya yakni: tidak golput; menciptakan pemilu yang aman, damai dan beradab; serta memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf.


Selain itu, pada akhir maklumat juga terdapat tanda tangan dua tokoh, yakni KH Anwar Manshur dan KH Abdulloh Kafabihi Mahrus selaku ketua umum pengurus pusat himpunan alumni santri Lirboyo.

Dukungan dari para sesepuh pesantren akan berdampak signifikan dan membawa keberkahan bagi pasangan Jokowi-Ma'rif Amin, juga untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"InsyaAllah ini jadi berkah buat kita semua. Karena dukungan para kiai dan tokoh agama ini tak hanya didengar dan ditaati oleh para santri dan umat Islam di Indonesia," pungkas KH Kfabihi Mahrus.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed