DetikNews
Selasa 12 Maret 2019, 08:39 WIB

Begini Cara Penggemar Motor di Kediri Hindari Konflik

Andhika Dwi - detikNews
Begini Cara Penggemar Motor di Kediri Hindari Konflik Foto: Andhika Dwi
Kediri - Forum Otomotif Kediri (FOK) menjadi ajang silaturahmi antar komunitas otomotif di Kediri Raya. Komunitas ini dibentuk dari keresahan penggemar otomotif melihat klub-klub yang tidak pernah tegur sapa satu sama lain.

FOK dibentuk pada tahun 2000 dan sudah menghimpun 26 klub otomotif di Kediri Raya. Baik motor maupun mobil.

Beberapa klub motor yang sudah bergabung Ninja, RX King, CB Club, Vespa dan Honda Kalong. Sedangkan untuk klub mobil seperti Fiat, L-300 Modifikasi, VW Safari, VW Combi dan Jeep Willis. Totalnya mencapai ratusan anggota.

"Tahun itu (2000) sedang mulai menjamurnya klub-klub otomotif di Kediri Raya, baik dari otomotif mobil maupun motor," ujar Ketua FOK Munasir Huda, Selasa (12/3/2019).


Ia bercerita, kala itu hampir setiap minggu banyak klub otomotif mobil maupun motor berkumpul di Kota Kediri. Tidak jarang mereka juga konvoi berkeliling Kediri Raya.

"Saat seperti itu, mereka antar klub tak saling sapa padahal sesama pencinta otomotif. Lebih buruknya ada yang sampai saling ejek yang cenderung memicu konflik antar klub motor dan mobil," imbuh Huda.

Melihat kenyataan seperti itu, muncul ide dari para senior penggemar otomotif salah satunya Slamet Budiono. Ide untuk mewadahi para penggemar otomotif agar dapat bersilaturahmi, belajar dan saling menjaga agar tidak sampai menimbulkan konflik.

"Berdirinya FOK tak bisa lepas dari sentuhan para senior yang merupakan penggemar otomotif di Kediri Raya. Salah satunya ya Slamet Budiono. Beliau menjadi salah satu pencetus adanya FOK. Dan saat ini menjadi penasehat FOK," lanjut Huda.


Huda menambahkan, Slamet dan senior lainnya ingin FOK dapat menjadi wadah bagi para penggemar otomotif untuk saling belajar dan bersilaturahmi. Contohnya jika ada agenda besar salah satu klub, klub lain selalu mendelegasikan anggotanya untuk masuk di kepanitiaan.

Selain menyatukan puluhan bahkan ratusan klub otomotif di Kediri, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan FOK Kediri. Seperti kegiatan bakti sosial berbagi kepada kaum dhuafa setiap bulan suci Ramadhan. Kemudian pemberian bantuan kepada korban bencana alam dan memberikan advokasi kepada anggota FOK yang terlibat kasus hukum. Terakhir menjalin silaturahim dan hubungan yang baik antara anggota dan kepolisian maupun dinas perhubungan agar menjadi contoh pengguna jalan yang baik dalam berlalu lintas bagi masyarakat lain.

"Dengan begitu FOK bisa menjadi wadah silaturahmi dan wadah belajar bagi para anggotanya. Dan kami harapkan semua anggota FOK dapat menjaga terus silaturahmi dan tak berhenti untuk belajar," tambahnya.

Selain itu, bersama kepolisian dan dinas perhubungan, FOK juga sepakat untuk bersama menjaga ketertiban dalam berkendara dan taat rambu lalu lintas. "Anggota FOK bersama banyak pihak selalu menjalin hubungan dengan baik. Bahkan saat ini setiap klub otomotif ada wilayah berkumpulnya masing-masing," pungkasnya.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed