Saat Mendikbud Marah Ketika Tinjau Sekolah Terdampak Banjir di Madiun

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 11 Mar 2019 15:33 WIB
Mendikbud saat meninjau salah satu sekolah terdampak banjir (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy marah saat meninjau sekolah terdampak banjir di Kabupaten Madiun. Kemarahan Muhadjir pecah saat berkeliling di dalam lingkungan SMPN 1 Balerejo yang berada di Jalan Raya Madiun Surabaya, Desa Balerejo.

Muhadjir marah saat berkeliling ke bagian belakang sekolah. Muhadjir saat itu melihat kondisi gudang yang berantakan dan banyak sampah.

"Ini gimana, jangan kok depan (halaman sekolah) di pupar pupuri (diperbaiki) tapi belakang gak karuan (tidak terawat)," ujar Muhadjir di depan Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Balerejo dan di hadapan puluhan tamu pendamping di sekolah SMPN 1 Balerejo, Senin (11/3/2019).


Usai melihat bangunan belakang yang berantakan banyak sampah, Muhadjir juga melihat kondisi plafon depan ruang laboratorium yang ambrol. Muhadjir yang melihat kondisi sekolah itu sangat prihatin dan meminta untuk segera diperbaiki. Muhadjir juga menanyakan kerusakan apa saja di sekolah SMPN 1 Balerejo dan dijawab oleh Wakil Kepala Sekolah Heri Handoko dengan gelagapan.

"Ada buku-buku pak pak yang rusak," jawab Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Balerejo sambil bergegas mengikuti langkah menteri berkeliling sekolah

Muhadjir pun sempat berbincang dengan salah satu murid yang sedang menjalankan ujian pertengahan semester. "Ujian apa ini, UTS ya," tanya Muhadjir kepada salah satu murid yang sedang mengerjakan UTS.


Di SMPN 1 Balerejo Muhadjir juga memberikan bantuan berupa tiga buah komputer. Sebelum berkunjung ke SMPN 1 Balerejo rombongan yang ditemani Bupati Madiun H Ahmad Dawami berkunjung ke Posko Induk di kantor kecamatan Balerejo.

Muhadjir juga berkunjung ke beberapa daerah terdampak banjir lainnya seperti ke SDN Glonggong dan Purworejo serta Kecamatan Pilangkenceng. (sun/iwd)