DetikNews
Senin 11 Maret 2019, 13:35 WIB

Situs di Tengah Tol Pandaan-Malang Belum Bisa Diidentifikasi

Muhammad Aminudin - detikNews
Situs di Tengah Tol Pandaan-Malang Belum Bisa Diidentifikasi Situs yang ditemukan di tengah proyek tol Pandaan-Malang (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur belum bisa memecahkan teka-teki situs yang ditemukan di tengah tol Pandaan-Malang. Pendalaman data secara lengkap tengah dilakukan, termasuk rencana ekskavasi (penggalian) di lokasi situs.

"Rencana ekskavasi baru bisa kami lakukan besok. Untuk sementara pendataan juga terus berjalan," ujar Kepala BPCB Jawa Timur Andi Muhammad Said saat dihubungi detikcom, Senin (11/3/2019).

"Proyek dihentikan sementara sambil melakukan perekaman data," sambung Andi.

BPCB juga meminta masyarakat yang menemukan atau memiliki cagar budaya dari lokasi untuk segera melapor. Ganti rugi akan diberikan ketika cagar budaya diberikan.


"Kami imbau masyarakat yang mengambil dan menemukan cagar budaya untuk melapor," tegas Andi.

Ditanya soal situs yang ditemukan di station 37 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang? Andi mengaku, belum dapat memastikannya.

"Kami belum berani menyimpulkan sebelum dilakukan pendataan yang lengkap. Juga terlalu dini untuk menyatakan sebelum ada kajian lengkap," beber Andi.

Menurut dia, hasil kajian beserta pendataan yang lengkap serta didukung penggalian akan bisa memberikan informasi yang akurat terhadap situs yang berada di center line tol Pandaan-Malang itu.

"Akan baiknya informasi yang diberikan bisa lebih akurat dari hasil kajian nantinya," tutur Andi.


Andi menambahkan, sangat sulit untuk saat ini memastikan misteri dari situs yang ditemukan itu. Karena kondisi peninggalan masa lalu itu sudah rusak.

"Dengan kondisi temuan yang berantakan seperti itu, masih sulit untuk memastikannya. Karena bisa saja nanti setelah diekskavasi (penggalian) justru baru kelihatan bentuk dan dimensinya," terang Andi.

Situs berupa struktur batu bata kuno ditemukan pekerja proyek tol Pandaan-Malang, lokasinya berada di station 37 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Susunan batu bata berukuran besar sudah porak-poranda akibat aktivitas alat berat di lokasi. Batu bata jenis serupa banyak dijumpai pada peninggalan era Majapahit.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed