detikNews
Sabtu 09 Maret 2019, 22:40 WIB

Sempat Jadi Lautan, Korban Banjir di Ponorogo Disambangi Wagub Emil

Charolin Pebrianti - detikNews
Sempat Jadi Lautan, Korban Banjir di Ponorogo Disambangi Wagub Emil Emil Cek Kondisi Korban Banjir Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mengunjungi korban banjir di Kecamatan Ponorogo. Emil meninjau lokasi ini karena Dusun Prayungan, Kelurahan Paju, paling parah mengalami banjir, Kamis (7/3). Bahkan warga sempat terisolasi akibat banjir.

Emil didampingi Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno mengecek kondisi warga apa saja kebutuhan warga. Emil pun berdialog dengan warga. Sejumlah warga mengeluhkan kekurangan air bersih serta pasokan listrik jadi kebutuhan penting.

"Kami kesulitan air bersih, pasokan listrik. Kami juga membutuhkan sembako dan tempat tidur," tutur salah satu warga Imam Iswaji saat ditemui detikcom di lokasi, Sabtu (9/3/2019).

Di Dusun Prayungan ini selain Imam, ada 600 warga lain yang terdiri dari 3 RT. Mereka juga mengeluhkan hal serupa. Beruntung, mereka mendapat bantuan nasi bungkus dan air mineral, 3 kali sehari.

Warga lain, Ratmono juga mengeluhkan kutu air akibat kakinya terendam air banjir. "Sudah ada ambulan di sini, warga dikasih salep," imbuh dia.


Tidak hanya itu, warga juga meminta bantuan perahu karet agar tidak lagi menunggu petugas untuk proses evakuasi. Pun juga para petani yang gagal panen meminta bantuan benih.

"Kami juga berharap adanya sodetan serta sungai harus dikeruk, supaya air lekas surut," papar dia.

Sementara menanggapi permasalahan warga, Wagub Emil yang memakai setelan kemeja dan celana panjang ini mengaku bakal fokus dengan permasalahan yang dihadapi warga dan mencari jalan keluarnya.

"Saya cek dulu, ini ada hubungannya dengan Waduk Bendo apa tidak. Ternyata iya, jadi nanti ketika waduk sudah jadi, ada tampungan air di sana," terangnya.

Saat disinggung soal pengerukan sungai, Emil menjawab perlu biaya banyak untuk pengerukan. Namun yang diutamakan saat ini pengerukan di hulu, agar tidak terjadi banjir di hilir.


Pun masalah sudetan saluran air warga ke sungai, Emil pun menyanggupi. Sebab ada warga dengan sukarela memberikan sebagian tanahnya untuk dikeruk dan dijadikan saluran air.

"Kalau puso, kami koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten dan Provinsi untuk bantuan benih," ujar dia.

Selama kurang lebih satu jam bertemu warga, Emil menyerahkan bantuan sembako dan obat-obatan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed