Jelang Nyepi, Polisi Fokuskan Pengamanan di Pelabuhan Ketapang

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 06 Mar 2019 20:05 WIB
Apel pasukan pengamanan Nyepi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Pelabuhan Ketapang mendapat perhatian dan prioritas pengamanan selama perayaan hari raya nyepi tahun baru saka 1941. Polres Banyuwangi dibantu instansi samping siaga dengan kekuatan personel 550 orang di pelabuhan yang menjadi akses menuju Pulau Bali.

Pengamanan ketat ini dimulai dengan Apel Gelar Pasukan dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, Rabu (6/3/2019). Kegiatan dilanjutkan dengan mengecek kondisi kapal yang digunakan oleh pengguna jasa penyebrangan.

Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansah Zeinardi mengatakan, pengamanan selama libur hari raya nyepi tersebut akan melibatkan semua unsur satuan kepolisian mulai satuan sabhara, lalu lintas, intelkam dan satpolairud.

Sebanyak 550 personel tersebut juga akan dibantu TNI AD dan TNI AL serta instansi samping seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan ASDP.


"Seluruh kekuatan personel kita cek satu persatu termasuk kesiapannya. Kita akan sebar di beberapa titik. Namun fokus akan kita lakukan di Pelabuhan ASDP Ketapang. Karena setiap tahun pasti arus balik meningkat," ungkap Kapolres kepada detikcom, usai menggelar apel.

Penutupan pelabuhan ASDP Ketapang, jelas Kapolres Taufik, akan dilakukan pada Rabu (6/3/2019) pada pukul 23.30 WIB. Dan akan kembali dibuka kembali pada Jumat (8/3/2019) pada pukul 04.30 WIB.

"Tentunya akan ada penumpukan setelah ditutup 24 jam. Kami akan lakukan berbagai upaya untuk tidak sampai ada kemacetan setelah di buka kembali," tambah Kapolres Taufik.

Antisipasi terjadinya kemacetan panjang pasca Hari Raya Nyepi. Polres Banyuwangi menyiapkan sejumlah kantong parkir kendaraan di sekitar areal pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang. Polisi menyiapkan empat kantong parkir yang mampu menampung ratusan kendaraan mobil dan truk. Empat titik kantong parkir tersebut yakni di area parkir dalam ASDP dan di dalam pelabuhan Landing Craft Machine (LCM) ketapang.


"Tiga kantong parkir lainnya yakni berada di lahan stasiun kereta api Banyuwangi baru, terminal bus sritanjung, dan lahan milik ASDP di kawasan Kelurahan Bulusan serta gudang pupuk Bangsring," tambahnya.

Pengamanan yang akan dilakukan pihak kepolisian, TNI dan instansi samping tidak hanya fokus pada antisipasi kemacetan. Akan tetapi juga pada gangguan kerawanan seperti bahan peledak, narkoba, pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor),

"Obyek vital juga akan tetap kami jaga," pungkasnya. (iwd/iwd)