DetikNews
Selasa 05 Maret 2019, 20:01 WIB

Ulat Ice Cream Bisa Dibasmi, Petani Sengon Tak Perlu Khawatir

M Rofiq - detikNews
Ulat Ice Cream Bisa Dibasmi, Petani Sengon Tak Perlu Khawatir Penyuluh pantau pohon sengon/Foto: Istimewa
Probolinggo - Penyuluh Dinas Kehutanan Provinsi wilayah 7 Probolinggo mengimbau petani Pohon Sengon tak khawatir serangan Ulat Ice Cream. Pasalnya, serangan itu mematikan Pohon Sengon berusia di bawah 2 tahun.

Sementara untuk Pohon Sengon yang berusia 3 tahun ke atas, masih dapat bertahan meski terserang Ulat Ice Cream.

"Soal serangan ulat, itu kekhawatiran petani saja hingga melakukan penebangan lebih awal. Ditambah lagi beredar isu, jika terserang ulat kayu akan terjual murah di pasaran," kata penyuluh Artono saat dikonfirmasi, Selasa (5/3/2019).

Penebangan pohon sengon lebih dini, jelas Artono, tidak perlu dilakukan petani, selama usia pohon sudah cukup tua atau berada di atas 3 tahun.


Padahal dari informasi yang didapat dari salah seorang petani, disebutkan ada pohon sengon yang telah dua kali diserang Ulat Ice Cream. Namun masih bisa bersemi lagi setelah terguyur hujan.

Untuk soal pemberantasan hama ulat sendiri, Artono menyarankan, agar petani Sengon menggunakan insektisida. Menurut Artono, sudah ada salah seorang petani yang berhasil memberantas hama ulat dengan obat tersebut.

"Saran saya untuk hama ini, petani bisa menggunakan insektisida untuk membasmi ulat. Karena salah seorang petani lapor ke kami, ternyata berhasil membunuhnya. Tapi memang kendalanya, serangan ulat ada di atas pohon jadi sulit dijangkau," tandasnya.


Ditanya terkait ada tidak bantuan pemerintah dalam pemberantasan hama ulat di lahan Pohon Sengon petani, Artono mengaku kewenangan itu ada di ranah PHP (Pengamat Hama Penyakit).

Saat ditanya pengaruh terhadap hasil produksi Pohon Sengon di wilayah 7 Jatim atas serangan Ulat Ice Cream, Artono mengaku pihaknya tidak bisa menyimpulkan.

"Tidak bisa disimpulkan," tambahnya.


Pasalnya, tambah dia, sejak keluarnya aturan Kemenhut (Kementerian Kehutanan) PP No 40, Tentang Usaha Kayu Rakyat, Cabang Dinas Kehutanan wilayah 7 tidak memiliki kewenangan mendata jumlah pemasukan dan pengeluaran kayu.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed