DetikNews
Selasa 05 Maret 2019, 16:03 WIB

Suara Jokowi Ditargetkan Menang 65% di Bondowoso

Hilda Meilisa - detikNews
Suara Jokowi Ditargetkan Menang 65% di Bondowoso Foto: Istimewa
Bondowoso - Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim terus roadshow untuk mengonsolidasikan dukungan ke berbagai daerah. Kali ini TKD Jatim ke Bondowoso untuk memperkuat suara duet nomor urut 01 di Kota Tape tersebut.

TKD Jatim menggelar konsolidasi di tiga titik sekaligus. Pertama, di kawasan Tegal Ampel untuk bertemu dengan ratusan petani, guru mengaji, dan komunitas anak muda bersama sejumlah tokoh masyarakat Bondowoso. Kedua, pertemuan tertutup dengan puluhan tokoh agama di Ponpes Al-Furqon di kawasan Jambesari. Ketiga, konsolidasi tim bersama Ketua DPRD Bondowoso Tohari di kawasan Maesan.

"Alhamdulillah, aura di Bondowoso sudah beda. Dulu 2014 Pak Jokowi kalah di sini. Tapi 2019 lain. Selain gerak tim yang semakin sinergis, ada sosok KH Maruf Amin yang juga sangat berpengaruh. Di sini kan dikenal sebagai daerah santri, malu dong kalau ada kiai sepuh yang berikhtiar memajukan negara ini lantas tak menang di Bondowoso," ujar Ketua TKD Jatim Machfud Arifin, Selasa (5/3/2019).


Di ujung timur Pulau Jawa, Machfud menyebut Bondowoso dan Situbondo memang mendapat perhatian khusus. Di Bondowoso, pada 2014 lalu, Prabowo Subianto mendapat 60 persen, sedangkan Jokowi sekitar 40 persen. Saat itu, Jokowi hanya menang di satu kecamatan, dari semua kecamatan yang ada di Bondowoso.

Adapun di Situbondo, pada Pilpres 2014, Prabowo meraup 58,98 persen suara, sedangkan Jokowi 41,02 persen.

"Di Dapil III (Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo), di survei terakhir kami, Pak Jokowi sudah menang. Tapi di sini swing voters-nya cukup tinggi, sekitar 30 persen. Itu kami tekankan dalam konsolidasi hari ini, membidik swing voter untuk mempertebal kemenangan. Memang harus diakui ini dapil yang menantang, berkaca dari hasil Pilpres 2014. Kecuali di Banyuwangi ya yang notabene basisnya Pak Jokowi," jelas Machfud.


Mantan Kapolda Jatim itu optimistis Jokowi-Maruf bisa menang 65 persen di Bondowoso. Sebab, masyarakat sudah semakin merasakan kinerja apik pemerintahan Jokowi.

"Makanya di sisa waktu 42 hari ini kita fokus mendorong sosialisasi hingga ke rumah-rumah. Sanggup?" kata Machfud disambut kata "siap" dari para relawan yang hadir.


Saksikan juga video 'Relawan dari Penjuru Eropa Dukung Jokowi-Ma'ruf':

[Gambas:Video 20detik]


(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed