detikNews
Kamis 28 Februari 2019, 18:33 WIB

Hujan Deras dan Angin Kencang Landa Kediri, 3 Pohon Besar Tumbang

Andhika Dwi - detikNews
Hujan Deras dan Angin Kencang Landa Kediri, 3 Pohon Besar Tumbang Pohon tumbang nyaris timpa mobil/Foto: Andhika Dwi
Kediri - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Kediri. Akibatnya, sejumlah pohon berukuran besar tumbang dan warung di bantaran Sungai Brantas rusak.

Hujan deras disertai angin kencang terjadi, Kamis (28/2/2019) sore. Total ada tiga pohon besar yang tumbang. Di Jalan Diponegoro, tepatnya di sekitar SMPN 1 Kota Kediri. Pohon setinggi 10 meter dan berdiameter 2 meter itu sempat menutup Jalan Diponegoro, sekaligus jalan penghubung menuju Tulungangung dan Blitar.

Selain itu di halaman parkir Bank BTN. Pohon yang tumbang nyaris menimpa sebuah mobil putih jenis Daihatsu Ayla. Meski begitu pohon menyenggol bemper belakang mobil.


Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Penanggungan depan SMPN 8 Kota Kediri. Selain menumbangkan 3 pohon besar, hujan angin juga mengacak-acak warung di bantaran Sungai Brantas.

Warung milik Sayogo (50), warga Kecamatan Mojoroto mengalami rusak parah setelah atap dan dinding tripleknya roboh dan hancur lantaran terpaan angin kencang.
Hujan Deras dan Angin Kencang Landa Kediri, 3 Pohon Besar TumbangPohon tumbang di Kediri/Foto: Andhika Dwi

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian tersebut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, DLHKP, TNI dan Polres Kota Kediri langsung turun menangani kejadian tersebut.


Kepala Seksi Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD, Adhi Sutrisno mengaku saat mendapat laporan ada pohon tumbang, pihaknya langsung melakukan tindakan cepat bersama tim. Yakni untuk melakukan pemotongan dan pengalihan arus dengan pihak kepolisian.

"Tadi begitu ada laporan kami bersama tim reaksi cepat langsung melakukan tindakan penanggulangan terhadap pohon yang melintang dan pengalihan arus bersama dengan pihak kepolisian serta kerusakan akibat hujan disertai angin kencang pada warung," kata Adhi.

BPBD Kota Kediri juga berkoordinasi dengan BMKG. Menurut data BMKG, untuk Februari 2019 cuaca di atas normal sedangkan untuk Maret normal. Kemudian April kembali di atas normal.


Cuaca di atas normal berarti terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan perlu diwaspadai karena disertai angin kencang sesaat. Adhi sudah meminta agar instansi terkait untuk mengevaluasi pohon besar yang tumbuh di sepanjang jalan Kota Kediri. Jika usianya sudah tua, diharapkan agar pohon tersebut segera dipangkas, mengantisipasi pohon ambruk jika diterjang angin kencang.

"Keberadaan pohon besar di tepi jalan umum Kota Kediri bisa dievaluasi lagi. Yang sudah waktunya ditebang karena usia semakin tua dievaluasi. Bisa jadi akarnya sudah tidak kuat," pungkasnya.
(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed