detikNews
Kamis 28 Februari 2019, 17:54 WIB

Radio Pemda se-Indonesia Tunjuk Gus Ipul jadi Ketua Umum

Hilda Meilisa - detikNews
Radio Pemda se-Indonesia Tunjuk Gus Ipul jadi Ketua Umum Radio Pemda Se-Indonesia soft launching/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf resmi dilantik sebagai Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah atau Persada.id. Menandai hal ini, sebanyak 91 radio lokal daerah se-Indonesia menggelar siaran serentak berjaringan.

Siaran serentak ini dimulai pukul 10.00 WIB. Hal ini sekaligus menandai bersatunya seluruh radio dan TV yang tergabung dalam Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Indonesia yang dulu disebut RKPD.

"Siaran kali ini menandai hadirnya wadah bagi LPPL yang kami namai Persada.id
Persatuan Radio TV Publik Daerah Indonesia," kata Ketua Umum Persada.id, Gus Ipul usai siaran berjaringan di Hotel Grand Inna Simpang Surabaya, Kamis (28/2/2019).

Gus Ipul menambahkan di Indonesia terdapat 236 radio milik pemerintah daerah yang aktif bersiaran. Usai dilantik, Gus Ipul menambahkan pihaknya akan aktif untuk meningkatkan peran radio kepada masyarakat.

"Radio dan TV daerah adalah aset bangsa yang sempat terlupakan. Padahal peran mereka sangat penting untuk menyebarkan informasi bagi publik," imbuh Gus Ipul.

Selain itu, bagi Gus Ipul wadah bagi komunitas radio ini sekaligus untuk meneguhkan komitmen radio dan TV milik pemda sebagai sarana penyiaran non partisan untuk mewujudkan ketahanan informasi bagi bangsa.

Dia menegaskan dalam radio milik pemda akan meningkatkan kampanye anti hoaks agar masyarakat bisa mendapat informasi yang nyata.

"Wadah ini juga sebagai bentuk untuk membantu peningkatan kompetensi bagi seluruh radio daerah. Apalagi saat ini masih banyak radio dan TV milik Pemda yang ternyata belum memiliki izin," imbuhnya.
(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com