detikNews
Kamis 28 Februari 2019, 12:21 WIB

Timnas U-22 Juara, Pria di Blitar Bikin Bakso Sebesar Bola

Erliana Riady - detikNews
Timnas U-22 Juara, Pria di Blitar Bikin Bakso Sebesar Bola Bakso sebesar bola/Foto: Erliana Riady
Blitar - Euforia kemenangan Timnas U-22 di Piala AFF diwujudkan dengan membuat bakso sebesar bola sepak oleh seorang pedagang di Jalan Bromo 31, Kota Blitar.

Sang pedagang bakso yang dimaksud yakni Dika Nur Saputra. Ia merupakan pemilik kedai bakso yang berada tepat di selatan Stadion Supriyadi.

Pria berusia 25 tahun itu mengakui sangat menggemari sepak bola. Maka tidak heran jika ia merasa gembira saat Timnas U-22 berhasil menjuarai Piala AFF 2019.

"Indonesia kan lama nggak juara. Jadi begitu saya lihat tim kita juara, saya senang luar biasa. Ini bakso sebesar bola ini syukuran istilahnya, untuk prestasi luar biasa mereka," kata Dika ditemui detikcom di kedai baksonya, Kamis (28/2/2019).

Untuk membuat satu bakso seukuran bola sepak itu, Dika membutuhkan setengah kologram daging sapi dan tiga perempat kilogram tepung. Kemudian dicampur aneka bumbu seperti bawang putih, garam dan penyedap rasa.

"Daging yang sudah diblender campur bumbu disatukan dengan adonan tepung. Lalu dibikin bulat sebesar bola sepak. Terus direbus, sekitar 1 jam baru masak," jelasnya.

Bakso sebesar bola/Bakso sebesar bola/ Foto: Erliana Riady


Kebayang bagaimana menghabiskan bakso ukuran jumbo itu. Ya pasti, lebih seru kalau dimakan ramai-ramai.

Bakso seberat 2 kilogram itu memiliki diameter sekitar 15 cm. Atau sama dengan 30 bakso ukuran standar. Bakso spesial Indonesia juara itu memang paling cocok disantap ramai-ramai. Seperti yang diungkapkan salah satu pengunjung, Alana.

"Ini saya ajak temen 7 orang. Biar rame ngabisin bakso jumbonya. Walaupun ukuran jumbo, rasanya tetap mak nyus. Bumbunya kerasa. Apalagi kuahnya mantul pedasnya," kata Alana.

Kedai bakso Dika menyajikan dua jenis kuah. Blendi dan original. Kuah blendi rasanya sangat pedas, diwarnai cabai merah utuhan dan warna kuah kemerah-merahan.

Untuk satu bakso jumbo sebesar bola sepak, Dika menjualnya dengan harga Rp 100 ribu. Sedangkan untuk bakso standar, hanya seharga Rp 8 ribu per porsi.

Timnas U-22 menjadi jawara dalam gelaran Piala AFF U-22 2019 yang digelar di Kamboja. Tim arahan Indra Sjafri itu menaklukan Thailand dalam laga final yang berlangsung pada Selasa (26/2) malam hari WIB.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed