Kepulan Asap Buat Pasien RS dr Saiful Anwar Malang Semburat

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 27 Feb 2019 14:47 WIB
Pasien dan penunggu keluar saat asap hitam masuk ruang perawatan (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang - Kepulan asap muncul di lingkungan IGD dan ICU Rumah Sakit dr Saiful Anwar (RSSA) Malang. Adanya asap membuat kepanikan sampai evakuasi pasien dilakukan.

Asap diduga berasal dari kebakaran jaringan listrik di rumah sakit milik Pemprov Jatim itu.

"Kami berada di lantai paling atas, ketika asap mengepung ruangan, kami panik dan kemudian diminta untuk keluar ruangan bersama pasien," terang salah satu kerabat pasien ditemui detikcom di RSSA Malang Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Malang, Rabu (27/2/2019).


Setahu dia, kepulan asap terjadi sekitar pukul 1 siang lebih. Kala itu, dirinya tengah menunggu pasien di ruangan lantai paling atas.

"Kami di lantai empat, lantai paling atas. Ada 10 pasien yang semuanya dalam penanganan sakit jantung," terang wanita berjilbab ini.

Kepulan Asap Buat Pasien RS dr Saiful Anwar Malang SemburatFoto: Muhammad Aminudin

Beberapa pasien harus dievakuasi di ruang tunggu IGD RSSA Malang. Dari pantauan detikcom, suplai listrik di ruang IGD putus, sehingga lampu penerangan padam. Petugas terlihat sibuk mengamankan ruangan dan juga pasien.


"Kami sampaikan ruangan aman, yang diduga ada kebakaran sudah bisa diatasi. Kami mohon tenang dahulu dan ikuti saja arahan petugas," ucap petugas RSSA kepada keluarga pasien di halaman IGD.

Menurut keterangan yang dihimpun detikcom, asap diduga kuat berasal dari panel listrik di RSSA Malang. Karena terbakar, suplai listrik pun terputus.

"Panelnya terbakar, dimana itu kami belum tahu pasti," terang salah satu petugas. (fat/iwd)