DetikNews
Selasa 26 Februari 2019, 17:47 WIB

2 Minggu Berlalu, Rian Pengguna Vanessa Angel Belum Juga Dipanggil

Hilda Meilisa - detikNews
2 Minggu Berlalu, Rian Pengguna Vanessa Angel Belum Juga Dipanggil Vanessa Angel mengenakan baju tahanan dan terborgol (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Hingga kini, polisi belum memanggil pengguna Vanessa Angel, Rian. Pengusaha tambang Lumajang yang ditangkap di sebuah kamar hotel di Surabaya ini rencananya akan dipanggil untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan dalam waktu dua minggu pihaknya akan memanggil Rian ke Mapolda Jatim. Namun sudah lebih dari dua minggu, Rian tak kunjung dipanggil.

"Dua minggu lagi lah, soalnya minggu mau panggil artis yang nunda-nunda dipanggil," kata Barung Mangera ditemui usai menjadi pembicara di Editor's Talk dalam peringatan HPN di Surabaya, Jumat (9/2/2019).


Namun saat dikonfirmasi, Barung mengatakan pihaknya telah meminta keterangan dari Rian sejak awal. Saat itu, Rian langsung dibawa ke Mapolda Jatim untuk dimintai keterangan usai tertangkap di sebuah hotel di Surabaya bersama Vanessa.

"Kalau R kan sudah dipanggil sejak awal dulu," kata Barung di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (26/2/2019).

Barung menambahkan untuk pemanggilan berikutnya merupakan kewenangan hakim di pengadilan nanti, apakah menjadikan Rian sebagai saksi kasus prostitusi online atau tidak.

"Kewenangan untuk memanggil dia sebagai saksi itu nanti di pengadilan oleh hakim," imbuh Barung.


Sementara, Barung mengatakan memang tak ada pasal yang bisa digunakan untuk menjerat pengguna prostitusi. "Yang jelas regulasi, konstitusi untuk mengatur yang bersangkutan sebagai tersangka itu tunjukkan kepada saya yang mana," papar Barung.

Meski salah satu ahli pidana mengatakan pengguna bisa saja dijerat Undang-undang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Namun Barung mengatakan pasal tersebut kurang kuat untuk menjerat pengguna.

"TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang) juga endak," pungkas Barung.


Eits! Pacar Vanessa Angel Tercyduk Dugem Bareng Anya Geraldine, Simak Videonya:

(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed