DetikNews
Jumat 22 Februari 2019, 17:53 WIB

Cara Unik Polisi di Gresik Ajak Milenial Daftar Anggota Polri

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Cara Unik Polisi di Gresik Ajak Milenial Daftar Anggota Polri Slah satu adegan di video penerimaan Polri Polres Gresik (Foto: tangkapan layar video)
Gresik - Polres Gresik memiliki cara unik untuk menyosialisasikan pendaftaran anggota Polri. Sebuah video unik dan kreatif dibuat yang berisikan tahapan-tahapan mengikuti tes menjadi anggota Polri.

Video berdurasi 1 menit 49 detik tersebut diawali dengan adegan seorang pemuda tersandung sebuah kendi kecil. Kendi itu ternyata kendi ajaib karena dari dalam kendi muncul asap disertai penampakan sesosok jin yang segera menawarkan sebuah permintaan.

"Aku beri satu permintaan, monggo," ujar jin.

"Aku mau jadi polisi. Iso to?," balas si pemuda.

"OK," timpal jin.


Si pemuda berpikir bahwa ia akan otomatis menjadi seorang polisi secara instan. Tetapi perkiraannya salah. Jin justru membuat si pemuda harus menjalani semua persyaratan untuk menjadi seorang polisi.

Mulai dari lari, renang, tes kesehatan, tes bahasa, administrasi, hingga tes tulis.

"Ide pembuatan video itu dari pak Kapolres. Untuk menyambut pendaftaran anggota Polri di Gresik," ujar Kabag Sumda Polres Gresik Budi Idayati kepada detikcom, Jumat (22/2/2019).

Budi menegaskan bahwa untuk menjadi seorang polisi memang tidak bisa instan. Setiap calon pendaftar harus melalui tahapan-tahapan seperti yang tersaji di dalam video. Mulai dari kesiapan fisik hingga intelektual.


"Karena ini yang disasar para pemuda milenial, makanya dibuat seperti itu agar lebih muda diingat. Selain membuat sosialisasi dengan video kreatif, kami juga memberikan sosialisasi di setiap sekolah-sekolah SMA di Gresik," ujar Budi.

Tak hanya, kata Budi, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada para pelajar yang berprestasi untuk mengikuti pelatihan yang benar. Mulai dari renang, lari, hingga pelatihan bahasa.

"Itu sudah kami lakukan sejak lama. Untuk pendaftaran juga bisa diakses secara online mulai Maret tahun ini dan pendaftarannya gratis tidak dipungut biaya," tandas Budi.


[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed