DetikNews
Jumat 22 Februari 2019, 16:58 WIB

Jelang Debat Cawapres, TKD Jokowi Jatim: Kiai Ma'ruf Sangat Siap

Hilda Meilisa - detikNews
Jelang Debat Cawapres, TKD Jokowi Jatim: Kiai Maruf Sangat Siap Ketua TKD Jatim Irjen (Purn) Machfud Arifin/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Menjelang debat cawapres yang akan digelar pada 17 Maret mendatang, Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf di Jatim menyatakan Kiai Ma'ruf sudah sangat siap.

Ketua TKD Jatim Irjen (purn) Machfud Arifin mengatakan Kiai Ma'ruf telah terlatih dalam berdebat. Terlebih debat cawapres memiliki topik pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan yang mana lekat dengan Kiai Ma'ruf.

"Sangat siap, kalau itu sudah kerjaannya lah, beliau kan sudah profesor doktor," kata Machfud saat dikonfirmasi di Posko Pemenangan TKD Jatim di Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Jumat (22/2/2019).


Selain itu, Kiai Ma'ruf yang sejak kecil berada di lingkungan pondok pesantren, dinilai Machfud justru lebih terlatih. Pasalnya, lingkungan ponpes banyak yang mengajarkan santri untuk berdebat baik berbahasa Inggris atau Indonesia.

"Namanya orang pesantren itu jago debat semua. Mulai dari awal sudah dilatih debat bahasa Inggris, bahasa Indonesia. Sudah, jangan ragu sama Kiai Maruf. Kiai Maruf kan juga Rais Aam PBNU," lanjutnya.

Sementara saat ditanya terkait kemungkinan lawan atau Sandiaga Uno yang dinilai lebih bisa menggaet kaum milenial, Machfud menampik hal ini. Dia mengatakan di kubu lawan, milenialnya hanya sekadar tampilan saja, bukan pemikiran.

"Enggak, milenial itu kan tampilan saja. Kalau Kiai Ma'ruf berpikirnya milenial kan oke-oke saja. Kalau berpikirnya pak Jokowi emang milenial, kalau palapa ring dia kan paham tentang zero point kan," pungkasnya.

Debat ketiga pada pilpres 2019 akan digelar pada tanggal 17 Maret mendatang, hanya cawapres yang akan mengadu gagasan mereka. Tema yang diusung adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya. Seperti diketahui, pada debat ketiga nanti, penyelenggaranya adalah Transmedia.


Simak Juga 'Ma'ruf: Negara Harus Dikelola Orang Cerdas dan Berakhlak Mulia':

[Gambas:Video 20detik]


(hil/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed