DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 08:40 WIB

Sesosok Mayat Bayi Ditemukan di Sawah, Sempat Dikira Bangkai Kucing

Ghazali Dasuqi - detikNews
Sesosok Mayat Bayi Ditemukan di Sawah, Sempat Dikira Bangkai Kucing Mayat bayi ditemukan di sawah/Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Sesosok mayat bayi laki-laki ditemukan warga di areal persawahan Desa/Kecamatan Jangkar. Mayat bayi dengan panjang 53 cm itu terbungkus karung dan mulai membusuk hingga sempat dikira bangkai kucing.

Baru diketahui kalau berisi mayat bayi, setelah karung sedikit terbuka. Saat ditemukan bayi masih lengkap tali pusar. Namun sudah dalam kondisi terputus dengan potongan rapi dan tidak terikat.

"Ditemukan kemarin sore. Sekarang mayat bayi itu ada di RSUD Situbondo. Bisa jadi bayi terbungkus karung itu dibuang di hulu sungai dan terbawa air hingga masuk ke petakan sawah. Semua kemungkinan masih diselidiki," kata Kapolsek Jangkar Iptu Sadali saat dihubungi detikcom, Kamis (21/2/2019).

Keterangan detikcom menyebutkan, mayat bayi laki-laki itu kali pertama ditemukan Martoyo (55), warga Kampung Pasar Nangka Desa Jangkar, Rabu (20/2) sore. Saat membajak sawah, dia melihat ada karung beras 10 Kg berisi sesuatu dalam petakan sawah yang diajaknya, dekat dengan pematang sawah di sisi timur. Martoyo pun mengira itu bangkai kucing yang mulai membusuk, karena sudah mulai menebar bau tak sedap.


Dia baru terperangah, setelah karung itu sedikit terbuka. Saat itulah, dia melihat sesosok mayat bayi dalam karung tersebut. Tahu bagitu, Martoyo pun kaget dan segera memberitahu warga hingga dilanjutkan ke polisi. Tak lama berselang, sejumlah polisi datang ke lokasi kejadian. Termasuk tim Inafis dari Polres Situbondo.

"Ada luka baru di bagian kepala korban, yang diduga akibat terkena mesin bajak. Mayat bayi itu sudah proses pembusukan dan sepertinya sudah dibuang sekitar 2 hari sebelum ditemukan," tandas Subhan, Kepala Ruang Pemulasaran Jenazah RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo.

Muncul dugaan, bayi laki-laki itu sengaja dibuang orang tuanya tak lama setelah dilahirkan. Bisa jadi, bayi itu tak dikehendaki karena hasil hubungan gelap. Bayi terbungkus karung itu diduga dibuang di sungai irigasi, yang salurannya terhubung dengan areal persawahan tempat mayat bayi itu ditemukan.

"Bisa (dibuang, red) jauh di bagian hulu sungai, tapi bisa juga dekat. Semua kemungkinan masih kita selidiki. Kami masih terus berusaha mencari petunjuk untuk mengungkap kasus ini. Mudah-mudahan segera ada titik terang," tandas kapolsek.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed