DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 20:47 WIB

Pariwisata Jadi Perhatian Sandi Jika Jadi Wapres

Ghazali Dasuqi - detikNews
Pariwisata Jadi Perhatian Sandi Jika Jadi Wapres Foto: Sandiaga Uno. (Ghazali Dasuqi/detikcom),
Situbondo - Setelah menikmati keindahan alam di wisata Pantai Pasir Putih Situbondo, Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno melanjutkan kegiatannya berdialog bersama masyarakat dan pelaku wisata di area wisata tersebut.

Sandiaga tampak lebih familiar, dengan memakai kaos bermotif batik dan bergambar perahu layar serta bertuliskan Wisata Pantai Pasir Putih, yang baru dibelinya di warung.

Melalui dialog yang digelar di lokasi wisata itu, Sandiaga Uno mendengarkan curhat dan ikut mencari solusi atas masalah yang dihadapi pelaku usaha setempat. Salah satunya, curhatan dari Rauf, anggota Kelompok Sadar Wisata (Kopdarwis) Pasir Putih. Dia mengeluhkan kondisi endapan lumpur dari gorong-gorong yang disalurkan ke pantai. Padahal gorong-gorong jarang dibersihkan. Sehingga banyak endapan lumpur yang berpotensi ikut mencemari.


"Karena itu, jika bapak terpilih nanti, kami meminta untuk lebih memperhatikan kondisi sedimen lumpur akibat air dari gorong-gorong tersebut. Sebab bisa menurunkan minat wisatawan mendatangi Pantai Pasir Putih, termasuk juga mencemari biota laut," keluh Rauf.

Menanggapi itu, Sandiaga mengatakan jika Indonesia ini memang kaya. Bukan saja hasil buminya saja, tapi juga keelokan alamnya. Ini yang harus dijaga. Karena bisa menggerakkan ekonomi rakyat. Termasuk dengan menjaga alamnya agar tetap indah dan bersih, supaya bisa meningkatkan taraf ekonomi

"Kita akan tampung aspirasi Pak Rauf. Tadi saya berenang, indah ada spot Nemo dan karang-karangnya. Ini memang harus dijaga. Karena ini sumber penghidupan UMKM yang ada di sini," tandas Sandiaga.


Sandiaga juga prihatin dengan kondisi jumlah pengunjung pantai Pasir Putih yang mengalami penurunan sebanyak hampir lima puluh persen dibandingkan tahun lalu. Karena itu, dia akan ikut memikirkan bagaimana potensi wisata pasir putih bisa kembali menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Kita akan bikin festival di sini. Menambah pojok-pojok instragamable dan mengikutsertakan para selebgram untuk datang ke Pantai Pasir Putih, agar pengunjungnya lebih banyak lagi," papar Sandiaga.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed