DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 19:03 WIB

KUD di Lamongan Dibobol, Rp 15 Juta Raib

Eko Sudjarwo - detikNews
KUD di Lamongan Dibobol, Rp 15 Juta Raib Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Maling kini tak kenal tempat. Kantor Koperasi Unit Desa (KUD) pun diembat. Alhasil, uang tunai dan barang elektronik inventaris KUD senilai puluhan juta pun raib.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, KUD yang menjadi sasaran maling tersebut adalah KUD Makmur Jaya, Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung. Pelaku diduga lebih dari 1 orang masuk ke KUD dengan memecahkan kaca KUD yang beralamat di Jalan Raya Mantup ini.

"Sebelum berhasil masuk memecahkan kaca kantor, pelaku masuk naik pintu gerbang gudang. Setelah berhasil masuk lingkungan dalam gudang KUD, pelaku memecahkan kaca kantor samping Selatan untuk memasuki dalam kantor dan mengambil uang sebesar Rp 7 juta yang diambil dari dalam sejumlah laci dalam kantor," kata Manajer KUD Makmur Jaya, Abdul Nasyir kepada wartawan di lokasi, Rabu (20/2/2019).


Nasyir mengatakan, selain mengambil uang tunai kas koperasi, pelaku pencurian juga menggondol monitor komputer, CPU, dan semua perangkat kamera CCTV. Akibatnya, kata Nasyir, jejak pelakupun tidak bisa terdeteksi karena rekaman CCTV rusak dan digondol pelaku.

"Tak diketahui siapa pelaku, berapa orang pelakunya pun kita tak tahu, karena CCTV juga ikut raib," terang Nasyir

Menurut Nasyir, kejadian ini pertama diketahui bersama penjaga gudang yang bernama Shofiq. Pasalnya, kata Nasyir, ia mendapati warung yang berada tepat di samping KUD seperti bekas dimasuki oleh orang.


"Karena warung ada yang ganjil, saya dan Shofiq kemudian mengecek Kantor KUD dan ternyata kaca bagian selatan kantor pecah sebesar orang dewasa," ungkapnya.

Lebih jauh, Nasyir mengaku kalau insiden yang terjadi di KUD Makmur Jaya ini sudah ditangani Polsek Tikung dan sudah dilakukan olah TKP. "Kerugian akibat kemalingan ini totalnya sekitar Rp 15 juta, karena selain telah mengambil barang elektronik, pelaku juga mengambil uang tunai," pungkas Nasyir.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed