Bayi di Kandungan Ibu Hamil yang Ditandu Meninggal, Benarkah?

Charoline Pebrianti - detikNews
Rabu, 20 Feb 2019 14:47 WIB
Si ibu hamil, Sunarti (berdaster)/Foto: Istimewa
Ponorogo - Foto ibu hamil yang sedang ditandu menuju rumah sakit viral di media sosial. Dalam caption foto tertulis bahwa pada akhirnya bayi yang dikandung si ibu tak terselamatkan saat sampai di rumah sakit.

Meninggalnya bayi dikarenakan jalan desa yang kondisinya buruk. Si ibu kehilangan banyak waktu ke rumah sakit karena kondisi jalan yang buruk tersebut.

Detikcom berusaha menelusuri keberadaan si ibu di RSUD dr. Harjono di Jalan Ponorogo-Pacitan. Hasilnya, si ibu hamil memang pernah ke RSUD dr. Harjono pada Minggu (17/2).


Namun si ibu yang diketahui bernama Sunarti itu sudah pulang. Ibu muda berusia 22 tahun itu sudah dibawa pulang oleh keluarganya pada Senin (18/2).

"Namanya Sunarti usia 22 tahun warga Desa Dayakan, Kecamatan Badegan," tutur bidan Ria Dewi kepada detikcom, Rabu (20/2/2019).


Ria menambahkan saat tiba di rumah sakit, kondisi Sunarti baik. Hanya saja bayinya sudah meninggal di dalam kandungan, bukan meninggal saat di rumah sakit. Diperkirakan si bayi sudah 2 hari meninggal dalam kandungan. Sebab saat dikeluarkan keadaan jabang bayi mengalami luka lecet.

"Sebelum ke sini sudah meninggal, diperkirakan sudah 2 hari. Akhirnya diambil tindakan dikuret lalu dibawa pulang esok harinya oleh pihak keluarga karena kondisi ibunya juga dalam keadaan sehat walafiat," terang Ria. (fat/iwd)