DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 18:05 WIB

'Nyai Bersatu' di Situbondo Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Ghazali Dasuqi - detikNews
Nyai Bersatu di Situbondo Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf Foto: 'Nyai Bersatu' di Situbondo Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf. (Ghazali Dasuqi/detikcom).
Situbondo - Ribuan kaum perempuan di Tapal Kuda tumplek blek di Gedung Serba Guna Baluran Situbondo, Selasa (19/2/2019). Mereka yang tergabung dalam 'Nyai Bersatu' mendeklarasikan diri sebagai pendukung pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin. Tak hanya mendukung saja. Para Ibu Nyai itu juga berikrar untuk berdiri di garda depan mengawal pemenangan pasangan nomor urut 01 tersebut.

"Ada sekitar 1.500 ibu nyai yang hadir dalam deklarasi ini. Untuk Pilpres mendatang, kami akan berupaya keras agar pasangan Bapak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin bisa unggul 60% hingga 70%, khususnya di wilayah Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi," kata pentolan Nyai Bersatu, Ny Hj Djuwairiyah Fawaid As'ad di lokasi acara.

Pengamatan detikcom menyebutkan, deklarasi Nyai Bersatu dukung Jokowi - Ma'ruf memang diikuti para ibu nyai dari tiga Kabupaten, yakni Situbondo, Bondowodo, dan Banyuwangi. Para ibu nyai itu tak hanya berasal dari keluarga besar pondok pesantren saja. Tetapi juga terdiri dari para ustadzah, baik pengajar di Madrasah-madrasah maupun kalangan guru ngaji di Musala-musala.


Mereka kompak menyatukan barisan dan berkomitmen untuk menjadi bagian mesin pemenangan pasangan Jokowi - Ma'ruf. Salah satunya karena pasangan ini merupakan perpaduan antara nasionalis - religius, yang menjadi cikal bakal berdirinya NKRI. Selain itu, juga untuk mematuhi titah sebagian besar ulama Ahlus Sunnah Wal Jama'ah di Indonesia.

'Nyai Bersatu' di Situbondo Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'rufFoto: Ghazali Dasuqi

"Kami ingin meneruskan perjuangan almarhum Kiai Fawaid, yang selalu berada di garis depan dalam perjuangan NU. Beliau (Kiai Fawaid, red) berjuang habis-habisan saat almarhum KH Hasyim Muzadi menjadi cawapres. Demikian juga saat Gus Dur hendak dilengserkan. Dan, KH Ma'ruf Amin ini adalah Rais Aam PBNU, maka kami berkewajiban turut berjuang memenangkan," tegas Ny Hj Djuwairiyah, yang juga istri almarhum KHR Fawaid As'ad itu.

Selain para ibu nyai, turut hadir dalam acara deklarasi itu sejumlah Kiai dan tokoh agama di Tapal Kuda. Termasuk juga KH Kholil Nawawi, yang tak lain putra dari KH Nawawi Abdul Jalil, Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan. Di samping itu, juga hadir perwakilan semua parpol pendukung, mulai dari PDIP, PPP, PKB, Partai Golkar, Hanura, Nasdem, Perindo, PSI, dan PKPI.


"Berbicara sasaran, maka semua parpol pendukung juga kita kumpulkan dalam satu forum. Ini bukti komitmen dalam gerak langkah kita, bahwa gerakan relawan harus menyatu dengan parpol. Jika sudah menjadi satu kekuatan, maka target perolehan suara sampai 70% kami optimis akan tercapai," papar Zeiniye, Ketua Panitia Deklarasi Nyai Bersatu.


Saksikan juga video 'Pelantikan Garda Jokowi di Babel: Diserang Hoax hingga Penyusup':

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed