DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 11:40 WIB

Ini Kata Kalapas Tulungagung Soal Noeim Ba'asyir Bebas

Adhar Muttaqin - detikNews
Ini Kata Kalapas Tulungagung Soal Noeim Baasyir Bebas Napi teroris bebas/Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - Narapidana kasus terorisme Noeim Ba'asyir hari ini menghirup udara bebas setelah menjalani proses pemidanaan di Lapas Klas IIB Tulungagung.

Kepala Lapas Kelas II B Tulungagung, Erry Taruna, mengatakan Noeim telah menjalani seluruh masa pemidanaan sesuai dengan putusan majelis hakim dipotong remisi selama tiga bulan.


"Dia bebas murni, tidak ada persyaratan-persyaratan khusus yang harus dijalani, karena dia sudah menjalani seluruh pemidanaan. Dia dapat remisi dasawarsa satu kali yakni tiga bulan, diusulkan tidak di sini (Tulungagung) tapi turunnya di sini," katanya.

Selama menjalani pemidanaan di LP Tulungagung, Erry memastikan Noeim sama sekali tidak pernah berbuat onar maupun seperti yang pernah dilakukan di LP lain. "Di sini dia baik, bergaul dengan sesama warga binaan, hanya saja memang yang bersangkutan tidak bersedia untuk mengikuti proses pembinaan rohani," jelasnya.

Foto: Adhar Muttaqin

Erry mengaku sempat memberikan pesan kepada Noeim agar tidak melakukan tindakan pelanggaran hukum, sehingga tidak kembali masuk ke dalam lembaga pemasyarakatan.

"Pesan jangan sampai ketemu saya lagi di dalam, kalau ketemu di luar saja. Kalau bisa ciptakan lapangan pekerjaan," ujarnya.


Sebelum menghuni Lapas Tulungagung, Noeim sempat berpindah-pindah lokasi pemidanaan, bahkan di beberapa lapas ia sempat berbuat onar lantaran permintaan bilik asmara untuk berhubungan intim tidak dipenuhi.

Saat ini di Lapas Tulungagung tinggal menyisakan satu narapidana terorisme yakni Ridwan Sungkar. Rencananya Ridwan akan bebas pada Maret mendatang.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed