DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 15:54 WIB

Wanita Pemakan Sabun Probolinggo Diperiksa Dokter, Ini Hasilnya

M Rofiq - detikNews
Wanita Pemakan Sabun Probolinggo Diperiksa Dokter, Ini Hasilnya Wanita makan sabun diperiksa kesehatannya/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Mubarokatul Hosi'ah (21), wanita yang makan sabun diperiksa kesehatannya. Melalui Puskesmas Tongas, Dinkes Kabupaten Probolinggo mendatangi rumah Hosi'ah di Desa Dungun, Kecamatan Tongas.

Kepada wartawan, dr Peni Endah Setyoresmi mengatakan, pemeriksaan kepada Hosi'ah meliputi pemeriksan fisik, vital sign, antropometri, darah, hemoglobin, kolesterol, asamurat dan gula darah.


Dari pemeriksaan yang berlangsung selama 1 jam itu, secara umum kondisi kesehatan Hosi'ah normal tanpa ada masalah apapun. Meski demikian, petugas tetap akan melakukan langkah-langkah agar Hosi'ah mengurangi konsumsi sabun.

"Pemeriksaan kesehatan korban sudah kita lakukan. Akan tetapi kita akan berikan konseling pada Hosi'ah agar mengurangi kemauannya atau kebiasaannya menjilati sabun mandi batangan," kata Peni saat dikonfirmasi, Senin (18/02/19).


Peni menambahkan, pemeriksaan tidak hanya akan dilakukan pada Hosi'ah. Tapi juga terkait tumbuh kembang anaknya. Petugas kesehatan akan memeriksa apa anak tersebut mengalami keterlambatan pertumbuhan atau tidak.

"Karena Hosi'ah kebiasaan menjilati sabun sejak hamil, kita akan periksa juga anaknya. Jika memang diketemukan keterlambatan, kita akan konsultasikan ke dokter spesialis anak," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed