DetikNews
Minggu 17 Februari 2019, 10:45 WIB

Dinkes Probolinggo akan Uji Laboratorium Wanita Makan Sabun

M Rofiq - detikNews
Dinkes Probolinggo akan Uji Laboratorium Wanita Makan Sabun Wanita makan sabun/Foto: M Rofiq/File
Probolinggo - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo telah mendatangi rumah Mobarokatul Hosi'ah (21), wanita pemakan sabun yang viral di medsos. Selain memberikan konseling dan mengecek kesehatannya, warga Desa Dungun, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo ini akan dicek uji laboratorium.

Uji laboratorium ini akan dilakukan Selasa (19/2) mendatang. Uji laboratorium akan dilakukan di puskesmas setempat atau di rumah sakit Tongas.

"Selasa kita akan panggil. Kita akan uji lab. Karena yang dimakan itu kan bahan kimia. Ini agar kita tahu kesehatannya saat ini," ujar dr Anang Budi Yoelijanto, Kepala Dinas Kesehatan Probolinggo kepada detikcom, Minggu (17/2/2019).


Saat ini, pihaknya konsentrasi melakukan konseling kepada Hosi'ah. Ini dilakukan agar kebiasaan memakan sabun tidak ditiru oleh anaknya.

"Yang jelas saat ini, kita hentikan dulu kebiasaan Hosi'ah menjilati sabun. Di samping kita juga berikan bimbingan konseling kepadanya dan pihak keluarga, apalagi dia juga punya anak agar tidak ditiru nantinya," tandasnya.

Dari pemeriksaan petugas, tambah dr Anang, Dinkes Probolinggo memastikan jika Hosi'ah dalam kondisi normal tanpa adanya gangguan kejiwaan, melakukan aktivitas menjilat sabun mandi.


"Kalau dari pertemuan antara petugas kami dan Hosi'ah, beliaunya sehat mas. Itu bisa dipastikan saat diajak ngobrol jawabannya nyambung," pungkasnya.

Beberapa hari terakhir, warganet di media sosial (medsos) dihebohkan sebuah unggahan video yang menampilkan wanita sedang memakan sabun batangan. Rupanya kebiasaan ini dilakukan sejak hamil anak pertama.



Tonton video Bukan Buat Mandi, Sabun Malah jadi Santapan:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed