DetikNews
Sabtu 16 Februari 2019, 21:00 WIB

Puting Beliung di Blitar, Puluhan Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga

Erliana Riady - detikNews
Puting Beliung di Blitar, Puluhan Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga Foto: Istimewa
Blitar - Hujan deras disertai angin puting beliung melanda Blitar. Akibatnya, puluhan pohon tumbang di Desa Bendosewu Kecamatan Talun menimpa rumah warga.

Meski tidak ada korban jiwa, namun kerusakan rumah yang tertimpa pohon mengakibatkan kerugian materi lebih dari Rp 20 juta. Setidaknya ada 5 rumah warga tertimpa pohon tumbang.

Angin puting beliung bersamaan dengan hujan deras, terjadi sekitar pukul 15.00 wib. Data dari BPBD Kabupaten Blitar mencatat sebanyak 4 RT terdampak. Yakni RT 1, 2, 3 dan 4 RW 01. Puluhan pohon tumbang dan menimpa rumah warga dengan kerusakan dari sedang sampai parah.

"Yang paling parah kerusakannya rumah Ibu Mustipingah. Lokasinya di RT 4 RW 1 itu tertimpa pohon saman milik Pak Sadi. Kerusakannya diprediksi menimbulkan kerugian sampai Rp 10 juta," kata seorang petugas BPBD Kabupaten Blitar Eka saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (16/2/2019).

Pantauan detikcom, tak hanya menimpa rumah, sebanyak 10 pohon sengon yang tumbang memutuskan kabel PLN dan menutup jalan desa itu. Sedangkan kondisi rumah yang rusak karena tertimpa pohon, rata-rata bagian atap depan rumah.

Sebuah tempat cucian mobil, juga tampak terbang atap asbesnya dan menimpa atap rumah yang lokasinya berdekatan.

Sampai saat ini petugas BPBD bersama TNI Polri masih berupaya membersihkan pohon yang tumbang menutupi jalan.

"Proses assesment masih terus kita lanjutkan. Ini pihak PLN juga telah ke lokasi untuk melakukan perbaikan jaringan yang rusak," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed