DetikNews
Sabtu 16 Februari 2019, 14:11 WIB

Kepergian Pebalap Road Race asal Bondowoso Sisakan Duka Mendalam

Chuk S. Widarsha - detikNews
Kepergian Pebalap Road Race asal Bondowoso Sisakan Duka Mendalam Foto: Istimewa
Bondowoso - Tewasnya pebalap road race nasional asal Bondowoso, M. Zaky menyisakan duka mendalam bagi keluarga maupun rekan seprofesi. Korban dinilai rendah hati meski telah memiliki segudang prestasi.

"Dia itu orangnya rendah hati. Bahkan bagi pebalap junior dia tak pelit ilmu dan selalu membimbing," tutur Hendro (29), rekan sesama pebalap road race, saat berbincang dengan detikcom di RS Bhayangkara Bondowoso, Sabtu (16/2/2019).

Hendro mengungkapkan, korban berlatih untuk persiapan menghadapi even di beberapa kota di Jawa Timur maupun luar daerah, minggu depan. Dia memang rutin berlatih sendiri saat tidak ada even.


"Yang jelas, kami dan pebalap-pebalap junior di Bondowoso sangat merasa kehilangan dengan kejadian ini," tutur Hendro, sembari menitikkan air matanya.

Data yang dihimpun, M. Zaky merupakan pembalap road race yang memang kerap malang melintang dalam kancah kejuaraan nasional maupun internasional. Di antaranya ke negara Qatar, Jepang, Malaysia dan lain-lain.

M. Zaky pernah memperoleh gelar juara umum di kelas Jupiter MX Nasional dan beberapa kejuaraan tingkat Kejurda (Kejuaraan Daerah) lainnya.


Tak hanya itu. Putera pasangan Agus Subianto dan Tri Weni ini sering berlaga di kancah nasional maupun regional. Dan segudang prestasi diraihnya. Antara lain sebagai Juara I Motoprix Region Jawa 2, 2012. Kejurnas Corsa Motorprix MP4 B 110 cc Tune Up Pemula, 2014.

Ada pula even Jupiter MX Nasional Juara Umum 1, Juara Umum 1 Motoprix MP6, serta menjadi perwakilan Indonesia Asean Cup di Malaysia

Selain itu, putera pertama dari 3 bersaudara ini juga pernah menjadi Duta Safety Riding. Even itu terjadi ketika Yamaha Indonesia mengadakan pelatihan untuk pebalap-pebalap mudanya. Dan M. Zaky akhirnya terpilih sebagai Duta Safety Riding.


Sebagai seorang duta safety, M. Zaky diharapkan dapat menularkan ilmunya dalam memberi bekal pengetahuan dan teknik-teknik safety riding yang lengkap.

Materi safety riding ini pada dasarnya adalah teknik berkendara yang aman untuk menghindari risiko atau ancaman bahaya yang mungkin terjadi di jalan.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed