DetikNews
Kamis 14 Februari 2019, 20:47 WIB

Sisa Anggaran Surabaya Rp 1 T, Risma: Dilimpahkan untuk Pendidikan

Amir Baihaqi - detikNews
Sisa Anggaran Surabaya Rp 1 T, Risma: Dilimpahkan untuk Pendidikan Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku terkejut dengan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) APBD Surabaya yang mencapai Rp 1 triliun lebih. Padahal untuk serapan anggaran Kota Pahlawan mencapai 92 persen.

"Aku nggak tahu dengan penyerapan 92 persen (Tahun lalu 85 persen) Silpa kita masih di atas Rp 1 triliun. Itu saya floating kemarin PAK (Perubahan Anggaran Kegiatan)," kata Risma usai memberikan motivasi anak-anak putus sekolah di kediamannya Jalan Sedap Malam, Surabaya, Kamis (14/2/2019).

Menurut Risma, sisa lebih perhitungan itu dianggap sebagai rezeki. Untuk itu, ia berencana mengajukan kepada Gubernur Jawa Timur agar SiLPA itu dilimpahkan untuk pendidikan di Surabaya.


"Nanti kalau nanti bu gubernur setuju dilimpahkan ya itu untuk pendidikan SMA. Ini nanti uangnya banyak sekali nanti PAK diajukan. Ternyata mungkin ada hikmahnya kalau itu dilimpahkan," ujar Risma.

Dengan pelimpahan SiLPA itu, lanjut Risma, ia merencanakan akan menambahkan pada anggaran Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (BOPDA) pada SMA dan SMK.

"Makanya itu untuk biaya SMA/SMK mau kita naikkan BOPDA-nya. Kemudian mau kita kembalikan hak-haknya para guru. Kemarin kita di guru-guru swasta SMP sudah kita taruh anggarannya juga kita tambah," terang Risma.


"Dan kita juga ingin tambah guru SMA swasta juga merasakan itu. Kalau untuk SMA negeri kan kita sudah floating dengan honor-honor itu. Ada tunjangan kinerja kalau nggak salah. Jadi dari pusat ada dari kita juga ada," pungkasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed