DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 18:35 WIB

Alat Visitors e-KTP di Tuban Mampu Deteksi Pelaku Kejahatan Lho!

Ainur Rofiq - detikNews
Alat Visitors e-KTP di Tuban Mampu Deteksi Pelaku Kejahatan Lho! Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Polres Tuban kini punya alat khusus untuk mendeteksi pelaku kejahatan. Hanya menempelkan e-KTP, rekam kriminal setiap pengunjung akan langsung terdeteksi.

Aplikasi canggih ini bernama Visitor's E-KTP. Ditunjang perangkat khusus, aplikasi ini mampu deteksi dini tindak kejahatan dengan menggunakan e-KTP.

"Sebuah alat yang kami ciptakan bisa membantu kita dalam mendeteksi identitas pribadi siapapun yang berkunjung ke tempat kami hanya dengan menggunakan e-KTP, " kata Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono di kantornya, Selasa ( 12/2/2019).

Inovasi ini, lanjut kapolres, buah kerjasama Polres Tuban dengan Tim Inafis Bareskrim Polri dan Green Tehnology Integra.

Fungsi aplikasi ini dipaparkan langsung di hadapan Forkopimda Tuban , Kepala OPD, para pengusaha, perbankan, perhotelan, BUMN, serta perusahaan swasta lainnya.

Alat Visitors e-KTP di Tuban Mampu Deteksi Pelaku Kejahatan Lho!Foto: Ainur Rofiq

"Dengan e-KTP yang hanya ditempelkan ke alat Scanner ini, maka aplikasi dan peralatan ini akan bisa membaca semua track record pemilik KTP. Terlebih bagi mereka yang pernah berurusan dengan hukum," terangnya.

Selain di Polres Tuban, kata kapolres, aplikasi ini bisa diterapkan oleh instansi lainnya, khususnya di dunia perbankan. Dengan begitu, upaya kejahatan di dunia perbankan bisa dicegah sejak dini.

"Jika ada nasabah yang ingin berbuat jahat dan ternyata KTP-nya tidak sesuai maka akan bisa terdeteksi. Jadi, pada intinya alat ini adalah sebagai pendeteksi awal jika ada orang yang ingin berbuat tidak baik," terangnya.

Selain meningkatkan kualitas layanan publik, dengan aplikasi ini pihaknya berharap tercipta situasi aman dan iklim ekonomi yang positif di Tuban.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed