DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 14:33 WIB

3 Tahun Menetap, Arumi Bachsin Takkan Lupa Kenangan di Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
3 Tahun Menetap, Arumi Bachsin Takkan Lupa Kenangan di Trenggalek Emil Dardak dan Arumi Bachsin (Foto: Adhar Muttaqin)
Trenggalek - Selama lebih dari tiga tahun terakhir, Arumi Bachsin berdomisili di Trenggalek untuk mengikuti tugas suaminya Emil Dardak yang terpilih menjadi Bupati Trenggalek. Apa saja pengalaman dan kenangan yang didapatkan Arumi saat tinggal di pesisir selatan Jawa Timur itu?

"Tentu banyak kenangan di Trenggalek, aku dengan Mas Emil menikah sudah lima tahun, kemudian Mas Emil mengabdikan diri beserta keluarga di Trenggalek selama tiga tahun. Berarti selama pernikahan saya, saya lebih banyak di Trenggalek," kata Arumi Bachsin.

Keberadaannya di Trenggalek banyak memengaruhi kehidupan rumah tangganya. Salah satu yang paling terasa saat pertama kali pindah adalah perbedaan kebudayaan masyarakat antara di Jakarta dan Trenggalek. Berbagai pengalaman dalam mendampingi Emil Dardak di Trenggalek dan bertemu langsung dengan berbagai lapisan masyarakat membuatnya lebih dewasa dan berbuat lebih baik.


"Perbedaan budaya dari yang tadinya di Jakarta kemudian di Trenggalek tertanam betul bagi saya dan juga anak-anak. Anak saya yang pertama saat ke sini belum tahu apa-apa karena masih satu tahun, sedangkan yang kedua sejak bayi di Trenggalek," ujarnya.

Arumi menambahkan, pada saat awal menginjakkan kaki di Trenggalek, ia mengaku sempat mengalami shock culture. Namun kondisi itu tidak berlangsung lama. Arumi justru mampu beradaptasi secara cepat dengan masyarakat Trenggalek.

Istri Emil Dardak ini mengaku tinggal di Trenggalek hampir sama dengan berlibur sepanjang tahun, lantaran banyaknya objek wisata yang tersebar mulai dari utara hingga pesisir selatan. Potensi wisata itulah salah satu yang membuatnya betah tinggal di Trenggalek.


"Wisata di Trenggalek itu gampang, mau ke gunung gampang, mau ke pantai juga gampang. Jadi ingat zaman dulu kalau di Jakarta, saya kan suka ke pantai, mau liburan saja modalnya harus tinggi banget, tiket pesawat, villa dan sebagainya," katanya.

"Tapi selama di Trenggalek tiga tahun ini saya menikmati kehidupan dan liburan yang diidam-idamkan orang-orang kota. Nah pasti itu yang menjadi salah satu yang dikangenin dari Trenggalek. Kemudian yang dikangenin lagi adalah makanannya dan juga orang-orangnya," imbuh Arumi.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed