DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 08:17 WIB

Serangkaian Acara dan Kirab Sambut Gubernur Baru Jawa Timur

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Serangkaian Acara dan Kirab Sambut Gubernur Baru Jawa Timur Foto: Zaenal Effendi/Ilustrasi
Surabaya - Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak akan segera dilantik Presiden Jokowi di Jakarta, pada Rabu (13/2).

Usai dilantik dan kembali ke Surabaya, Kamis (14/2) keduanya dipastikan mendapat sambutan meriah. Ada serangkaian acara dan kirab yang telah dipersiapkan untuk menyambut gubernur baru ini.

Ketua Tim Kreatif, Helmy M Noor mengatakan rangkaian penyambutan akan dimulai dari Bandara Juanda. Rombongan diperkirakan sampai sekitar pukul 12.00 WIB. Dari Juanda, Khofifah-Emil langsung menuju Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

"Di masjid melaksanakan salat Tahiyatul Masjid kemudian salat zuhur, doa bersama dan diakhiri dengan sujud syukur. Setelah itu Ibu Gubernur dan wakil menuju pintu timur masjid, disambut dengan selawat nabi oleh seribu rebana," papar Helmy saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (12/2/2019).


Setelah itu, Khofifah-Emil akan diarak menggunakan jeep menuju Tugu Pahlawan. Panitia menyiapkan 30 jeep untuk arak-arakan.

Sesampainya di Tugu Pahlawan, Khofifah-Emil akan disambut 199 tarian remo. Keduanya juga rencananya memberikan pidato kerakyatan yang mana menjadi pidato pertama setelah dilantik.

"Di Tugu Pahlawan Ibu Gubernur dan wakil gubernur disambut 199 tarian remo. Kemudian menyambut relawan dan memberi pidato kerakyatan, pidato pertama kali setelah dilantik," lanjut Helmy.

Tak selesai di situ, rangkaian penyambutan gubernur baru juga masih berlanjut. Rombongan akan diarak menuju Jalan Tunjungan, tepatnya di depan Hotel Majapahit menggunakan jeep. Lalu, rombongan akan berjalan menuju Gedung Negara Grahadi.


"Dari situlah kemudian relawan dan masyarakat akan jalan bareng-bareng menuju Grahadi, Ibu Gubernur akan naik kereta khas Madura yang namanya Ul Daul kemudian ada juga drum band, ada barongsai, ada patrol dan beragam kesenian lainnya," kata Helmy.

Setiba di Gedung Negara Grahadi, rombongan disambut Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim, Muslimat NU, dan masyarakat yang dilanjutkan pembacaan doa Khotmil Qur'an.

Sebelumnya, sejak siang, telah ada Khotmil Qur'an yang dibaca oleh 99 hafiz-hafizah di Grahadi.

"Setelah itu, acara dilanjutkan buka puasa bersama saat Maghrib, karena kebetulan hari itu Kamis, Ibu Gubernur dan Bapak Wakil Gubernur menunaikan puasa sunnah, jadi sekaligus buka puasa, terus salat Maghrib berjamaah dilanjutkan istighosah," imbuhnya.


Usai itu, acara dilanjut dengan ramah-tamah bersama para undangan dan para relawan yang datang. Ada juga pemberian santunan untuk anak yatim. Kegiatan ini rencananya berakhir pukul 21.00 WIB.

"Kegiatan berakhir di Gedung Negara Grahadi sekitar pukul 21.00 WIB. Mohon doa kepada seluruh masyarakat Jatim, prosesi penyambutan ini berlangsung lancar dan sukses. Kami juga memohon maaf, apabila nanti ada sedikit kemacetan sebentar saat rombongan melintas," harap Helmy.

Sementara terkait diundangnya 99 hafiz dan hafizah ini seiring dengan program 99 hari Khofifah-Emil dalam memimpin Jatim. Angka 99 itu diambil dari semangat Asma'ul Husna yang memiliki makna historis dan spiritual yang tinggi.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed