DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 21:45 WIB

Cerita Keluarga Temukan Diah, TKW 12 Tahun Tak Digaji di Jordania

Muhammad Aminudin - detikNews
Cerita Keluarga Temukan Diah, TKW 12 Tahun Tak Digaji di Jordania Keluarga Diah Anggraini (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang - Berbagai upaya dilakukan keluarga untuk menemukan Diah Anggraini (36), TKW 12 tahun yang tak digaji di Jordania. Sampai keluarga kehabisan stok foto yang dimiliki. Kabar ditemukannya Diah membawa gembira.

"Foto kami sampai habis, iya itu, untuk usaha ke sana kemari. Selama Diah tak ada kabar," ungkap Prapti Utami ibunda Diah kepada detikcom di kediamannya, Senin (11/2/2019).

Menurut Prapti, namanya ibu akan segalanya dilakukan demi untuk bertemu putri sulungnya itu. Termasuk mendatangi orang pintar. "Ya ke orang pintar pernah, kan pakai foto. Jadi sampai habis, tak ada lagi foto Diah," tutur ibu sembilan anak ini.

Diah meninggalkan rumah sejak 2006, belum genap 40 hari Suwandi ayahnya meninggal. Sebagai saudara tertua dari keluarga pas-pas-an, Diah sangat menginginkan adanya perubahan. Sampai kemudian memilih untuk bekerja ke luar negeri.


"Pamitnya memang ke Jordania. Lewat perusahaan apa saya tidak tahu. Sampai hingga 5 bulan, masih komunikasi. Setelah itu tidak ada kabar lagi," ucap Prapti.

Selain meninggalkan keluarga, Diah juga menitipkan putrinya kepada keluarganya. Anak perempuannya saat itu masih berumur 1,5 tahun. Kini, putri Diah sudah remaja dan belum mengenal ibu kandungnya.

"Ya gak ada foto, mau ngomongnya gimana. Suaminya meninggal, makanya itu pilih kerja ke luar negeri. Mungkin ingin membahagiakan saya dan keluarga," terang Prapti.


Bersama anak-anak yang lain, Prapti tinggal di rumah kecil kawasan padat penduduk di jantung Kota Malang. Rasa syukur tak hentinya dipanjatkan setelah mengetahui Diah akan segera pulang.

"Saya bersyukur, Diah bisa pulang. Dan kondisi sehat. Mungkin karena sudah lama, Diah tak bisa lagi fasih berbahasa Indonesia," cerita Prapti.

Seperti diketahui, Diah Anggraini (36), berhasil lolos dari rumah majikan dan meminta perlindungan ke KBRI Indonesia di Jordania. Dalam pengakuannya, Diah tak mendapatkan haknya selama 12 tahun.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed