DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 16:15 WIB

Satpol PP Jaring Belasan PSK di Tretes, Dua Muncikari Kabur

Muhajir Arifin - detikNews
Satpol PP Jaring Belasan PSK di Tretes, Dua Muncikari Kabur Foto: Istimewa
Pasuruan - Satpol PP Kabupaten Pasuruan menggelar operasi di sejumlah vila di Tretes, Prigen. Dalam operasi yang dilakukan 22 personel itu, ada 13 pekerja seks komersial (PSK) yang terjaring.

"Kami amankan 13 PSK dalam razia tadi malam," kata Kasie Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Adjar Dolar, Senin (11/2/2019).

Adjar mengatakan, 22 petugas tersebut dibagi menjadi tiga tim. Dalam penggerebekan tersebut, sejumlah PSK berhasil kabur. Termasuk dua muncikari yang menjadi perantara antara pemberi jasa seks dengan para lelaki hidung belang.

"Beberapa berhasil lolos, termasuk dua germo. Memang keterbatasan anggota dan kita kalah cepat," tambahnya.


Berdasarkan informasi dari para PSK yang tertangkap, 6 orang berada dalam 'asuhan' muncikari berinisial Y. Sedangkan 7 PSK lainnya 'diasuh' muncikari K.

"Dua germo ini cepat atau lambat akan kami amankan," ujar Adjar.

Belasan PSK yang diamankan berada di kantor Satpol PP, Desa Raci, Kecamatan Bangil. Petugas Dinas Kesehatan dihadirkan untuk memeriksa kesehatan mereka. Pemeriksaan kesehatan diperlukan karena sejumlah PSK yang sebelumnya diamankan terjangkit HIV/AIDS.

"Para PSK akan disidangkan di PN Bangil dan dijerat Tindak Pidana Ringan," lanjut Adjar.


Satpol PP Kabupaten Pasuruan semakin gencar melakukan razia, terutama pada PSK yang melakukan praktik prostitusi terselubung di kawasan Tretes dan sekitarnya. Peningkatan intensitas operasi dalam rangka menciptakan situasi kondusif di kawasan dataran tinggi tersebut.

Pemkab Pasuruan berencana menjadikan kawasan lereng Gunung Arjuno itu sebagai kawasan wisata keluarga. Sejumlah fasilitas pendukung sudah dibangun dan tata ruang wilayah sedang ditinjau ulang demi memudahkan investasi pariwisata.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed