DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 14:59 WIB

Puting Beliung Melanda, Puluhan Rumah di Bondowoso Rusak Parah

Chuk S. Widarsha - detikNews
Puting Beliung Melanda, Puluhan Rumah di Bondowoso Rusak Parah Puting beliung di Bondowoso/Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso - Puting beliung dan hujan deras melanda Desa Wonosari, Kecamatan Grujukan. Akibatnya, puluhan rumah rusak dengan atap tersingkap.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun puluhan keluarga terpaksa mengungsi ke rumah yang tidak terdampak, maupun musala terdekat.

Mereka terpaksa mengungsi untuk sementara karena di saat yang bersamaan hujan turun sangat deras. "Data sementara, ada sekitar 45 rumah yang rusak parah. Ini masih kami data terus," kata Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan, Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Ayib Rosidi saat ditemui di lokasi, Senin (11/2/2019).


Selain melakukan pendataan, BPBD juga menyiapkan terpal bagi rumah-rumah terdampak. Itu dilakukan untuk menutup sementara atap rumah warga yang tersingkap. Menurut Ayib, itu merupakan langkah darurat yang sifatnya sementara.

"Sambil menunggu perbaikan atap rumah warga yang terdampak. Jika diperlukan, kami juga akan membuat dapur umum untuk membantu kebutuhan makan warga," kata Ayib.

Pantauan detikcom di lokasi, selain puluhan atap rumah tersingkap, ada puluhan pohon juga juga. Bahkan sejumlah jalan desa terputus karena pohon tumbang.

Warga langsung memotong pohon-pohon tumbang tersebut agar akses jalan desa bisa kembali digunakan. Sejumlah relawan, BPBD, aparat dari TNI/Polri juga langsung mendatangi lokasi. Mereka bahu-membahu membantu warga yang tertimpa bencana.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed