Jelang Pelantikan, Ini Persiapan Pemprov Jatim Sambut Khofifah-Emil

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 11 Feb 2019 11:30 WIB
Gedung Negara Grahadi/File
Surabaya - Gubernur Terpilih Jatim Khofifah Indar Parawansa dan wakilnya Emil Elestianto Dardak akan dilantik, Rabu (13/2/2019). Pemerintah Provinsi Jatim telah melakukan berbagai persiapan.

Salah satunya menyiapkan rumah dinas (rumdin) gubernur yang letaknya di samping Gedung Negara Grahadi, juga rumdin wagub yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Surabaya. Saat ini, kedua rumdin tersebut sedang menjalani pembenahan dengan dilakukan penataan agar rapi.

Kepala Biro Humas dan Protokol Aries Agung Paewai mengatakan kedua rumdin tersebut dalam keadaan kosong dan telah siap ditempati.

"Rumah dinas sudah siap dan saat ini sedang pembenahan dalam segala hal terutama kerapihan dan lain-lain. Saat ini sudah dalam keadaan sudah kosong dan sudah siap ditempati pada tanggal 13 atau 14 nanti," kata Aries saat dihubungi detikcom di Surabaya, Senin (11/2/2019).


Sementara untuk mobil dinas yang akan digunakan Khofifah-Emil, Aries mengatakan masih menggunakan Alphard yang sebelumnya digunakan Gubernur Soekarwo dan Saifullah Yusuf.

"Mobil untuk gubernur dan wagub yang telah dilantik nanti memang sudah direncanakan sejak tahun 2018 dan sudah disiapkan sesuai dengan standart yang sama saat sebelumnya dipakai oleh Pakdhe Karwo dan Gus Ipul," lanjut Aries.

Saat ditanya apakah ada pergantian mobil baru, Aries mengatakan memang ada. Namun pihaknya belum mengetahui kapan akan diganti lantaran masih menunggu proses pengadaan.

"Direncanakan menggunakan kendaraan yang saat ini ada dulu sambil menunggu proses pengadaan kendaraan yang akan disiapkan. Kami belum tahu kapan diganti karena butuh proses," imbuhnya.


Tak hanya itu, Aries mengaku hingga kini belum ada permintaan khusus baik dari Khofifah maupun Emil. Namun jika ada, biasanya terkait teknis prosesi pelantikan dan keberangkatan ke Jakarta.

"Tidak ada permintaan khusus dari beliau, namun ada beberapa hal yang memang dipersiapkan oleh beliau yang harus disampaikan secara langsung kepada beliau melalui bapak sekda. Misalnya teknis prosesi pelantikan dan rencana keberangkatan ke Jakarta dalam rangka persiapan pelantikan," papar Aries.

Hingga kini, untuk persiapan pelantikan, Aries mengatakan pihaknya masih akan menunggu arahan dari protokol presiden. Rencananya, sore ini akan diadakan rapat yang membahas terkait teknis pelantikan nanti.

"Pemprov menunggu arahan dari protokol kepresidenan yang rencananya sore ini akan rapat bersama dalan rangka persiapan pelantikan," pungkasnya. (hil/fat)