Jelang Pelantikan Wagub, Emil Mulai Berkemas di Ruang Bupati

Adhar Muttaqin - detikNews
Jumat, 08 Feb 2019 15:41 WIB
Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Empat hari menjelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mulai berkemas. Berbagai barang pribadinya yang ada di kantor Bupati Trenggalek dimasukkan kardus.

Sejumlah barang-barang kecil seperti buku serta sejumlah koleksi foto turut dibawa ke tempat tugasnya yang baru sebagai wakil gubernur.

"Saya kepastian informasi pelantikan itu kemarin dari Pakde Karwo, disusul oleh surat dari Sekda Provinsi Jatim dan Bu Khofifah, bahwa sudah final pelantikan gubernur dan wakil gubernur dilakukan 13 Februari jam 3 sore di Jakarta, maka saya juga mulai kemas-kemas," kata Emil Elestianto Dardak, Jumat (8/2/2019).

Emil mengaku, proses kemas-kemas tersebut sengaja dilakukan lebih awal karena dalam beberapa hari ke depan pihaknya akan disibukkan dengan berbagai kegiatan di Trenggalek, Surabaya dan Jakarta.

"Ini tadi ada apel pasukan pengamanan pilkades, kemudian besok saya juga masih kawal pilkades serentak, kemudian besoknya ada acara di Surabaya dengan DPRD. Tapi juga harus balik ke Trenggalek, kemudian besoknya lagi ada perpisahan dengan Pakde Karwo. Jadi harus bolak-balik Surabaya-Trenggalek," ujarnya.

Jelang Pelantikan Wagub, Emil Mulai Berkemas di Ruang BupatiFoto: Adhar Muttaqin

Emil sempat menujukkan beberapa souvenir kecil yang juga harus ikut dibawa, karena dinilai memiliki kenangan tersendiri. Yakni souvernir dari almamaternya di Jepang serta souvenir dari Belanda saat mengikuti kongres di PBB.

Dia menambah meski ke depan dia bertugas sebagai wakil gubernur namun pihaknya tetap memiliki ikatan khusus dengan Trenggalek. Terlebih Trenggalek merupakan tanah kelahiran dari keluarga besarnya.

"Bagaimanapun saya memiliki kedekatan emosional dengan Trenggalek yang tidak mungkin terputus. Saya jadi wakil gubernur, Trenggalek juga masih wilayahnya juga," imbuhnya.

Suami Arumi Bachsin ini mengaku, banyak memiliki kesan saat memimpin Trenggalek selama tiga tahun terakhir. Salah satunya adalah karakter masyarakat yang dinilai mau berubah untuk mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

"Saya beberapa waktu lalu sempat mengajak salah satu pimpinan perusahaan Jepang untuk berkunjung ke Galeri Gemilang. Di situ dia kaget karena produk UKM kerupuk lele yang dikemas dengan sangat bagus," imbuhnya.

Jelang Pelantikan Wagub, Emil Mulai Berkemas di Ruang BupatiFoto: Adhar Muttaqin

Selain itu pihaknya mengklaim jajaran birokrasi juga telah menunjukkan kinerja yang positif. Salah satu indikatornya dengan penilaian Sakip beberapa waktu lalu yang memperoleh BB. Sedangkan sektor pembangunan juga terus mengalami perkembangan, salah satunya perbaikan jalur Panggul-Munjungan yang sebelumnya nyaris tanpa pembangunan dalam beberapa tahun. (fat/fat)