DetikNews
Selasa 05 Februari 2019, 14:50 WIB

Kerap Overload, RSUD Bojonegoro Minta Tenaga Medis Ditambah

Ainur Rofiq - detikNews
Kerap Overload, RSUD Bojonegoro Minta Tenaga Medis Ditambah Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro - RSUD Sosodoro Djatikusumo, Bojonegoro sering overload atau kerap tidak mampu menampung pasien. Pihak rumah sakit meminta Pemkab Bojonegoro segera menambah jumlah tenaga medis.

Saat ini RSUD Bojonegoro melayani masyarakat dengan menyediakan 300 bad untuk rawat inap yang terbagi menjadi beberapa kelas. Dengan kapasitas tersebut, rumah sakit yang berada di Jalan Veteran tersebut kerap tidak mampu menampung pasien. Seperti saat ini ketika banyak pasien yang dirujuk dari puskesmas dan mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kondisi tersebut membuat pasien harus rela mendapatkan perawatan di luar ruang inap. Seperti di lorong dan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Ada yang keberatan namun banyak pula yang pasrah pada keadaan.

"Sebenarnya kurang pas, pasien butuh ruang yang tenang saat dirawat. Tapi kalau terpaksa di lorong kayak begini kan kurang nyaman," kata salah satu keluarga pasien, Rohmat kepada detikcom, Selasa (5/2/2019).

Humas RSUD Sosodoro Djatikusumo, Dr. Thomas Yahya membenarkan hal itu. Menurutnya, kapasitas rumah sakit tidak berubah meski sudah berpindah ke tempat yang baru.

"Ya kalau dikeluhkan itu pasti, tapi mau gimana lagi, kita pindah dari tempat yang lama di Jalan Dr Wahidin ke tempat yang baru ini di Jalan Veteran jumlah bed nya sama. Hanya 300 bed," Ujar Thomas kepada detikcom.

Terkait hal itu, pihak rumah sakit berharap Pemkab Bojonegoro segera menambah tenaga medis. Thomas melanjutkan, selama ini masih banyak bed dan ruangan yang belum bisa dioperasikan karena tidak ada tenaga medisnya.

"Sebenarnya kita berharap ke Pemda supaya segera menambah tenaga, kalau ruangan yang baru jadi dan bed masih ada tapi belum bisa dioperasikan," pungkas Thomas.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed