Watulawang Park, Lokasi Ekstrem Uji Nyali Bersepeda di Nganjuk

Watulawang Park, Lokasi Ekstrem Uji Nyali Bersepeda di Nganjuk

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 03 Feb 2019 19:09 WIB
Foto: Sugeng Harianto
Foto: Sugeng Harianto
Nganjuk - Bagi Anda penggemar olah raga sepeda, kali ini wajib mencoba rute tantangan di Wisata Watulawang Park Cemoro, Kandang Sedudo, Nganjuk. Lokasi baru untuk beradu nyali para bikers ini terpilih untuk ajang bergengsi olahraga bersepeda tingkat nasional.

"Ini seri Induro juga merupakan kelanjutan event Enduro yang tahun 2018 kemarin. Dimana event kemarin masih merupakan eksibisi. Yaitu menarik perhatian bikers awalnya untuk pengenalan lokasi adu nyali para bikers," kata Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta kepada wartawan di lokasi wisata Watulawang Park, Minggu (3/2/2019).

Ajang olahraga bersepeda di Destinasi Air Terjun Sedudo Nganjuk, kata Dewa dikemas dalam Polres Nganjuk Induro Sedudo Watulawang Bike Park selama tiga hari. Kejuaraan adu nyali bersepeda lanjut Dewa, berlangsung mulai tanggal 1 hingga 3 Februari 2019 dan diikuti oleh 367 peserta baik lokal, nasional dan internasional.

BACA JUGA: Air Terjun Sedudo Punya Wisata Sepeda Ekstrem

"Ini agenda dimana Induro seri pertama yang kita laksanakan di Nganjuk. Dimana seri ini keseluruhan ada lima di kota-kota lainnya dan finslnya ada di Bali. Jadi Nganjuk merupakan seri pertama pelaksanaan di tahun 2019 ini. Seri induro ini juga merupakan kelanjutan event induro yang tahun 2018 kemarin," katanya.

Dewa mengungkapkan, dipilihnya lokasi di dekat wisata air terjun Sedudo Nganjuk ini sekaligus untuk mengenalkan destinasi wisata bersepeda Watulawang Bike Park agar dikenal luas. Tujuan utama agar para bikers di seluruh Indonesia dapat mempromosikan ke mancanegara.

"Harapannya adalah Watulawang Bike Park ini menjadi salah satu destinasi bagi pecinta bikers-bikers dunhil dan induro untuk dikunjungi di Jawa Timur khususnya. Pada umumnya menarik bikers Indonesia supaya menuju ke Sedudo Nganjuk," tegasnya.

Watulawang Park, Lokasi Ekstrem Uji Nyali Bersepeda di NganjukFoto: Sugeng Harianto

Dalam kejuaraan bersepeda ini polres Nganjuk juga sekaligus mengkampanyekan tertib berlalulintas. Tema kampanye yakni
Milenial Road Safety Festival (MRSF) dengan target utama anak muda era milenial.

"Kenapa kita menyertakan kampanye dari mabes polri dari Korlantas yaitu milenial road festival. Kita juga menggelorakan bahwa para raider bisa sebagai pelopor untuk tertib berlalu lintas yang merupakan program dari mabes polri. Kita dukung sepenuhnya dan mengajak seluruh lapisan utamanya raider agar menggema di Indonesia," pungkasnya.

Pantauan detikcom para riders melakukan atraksi bersepeda dengan rute sepanjang hampir 3 Km. Rute di Watulawang Bike Park yang berada di sekitar wisata air terjun Sedudo ini, 95% kondisi jalan terjal dan menurun. Bagi yang belum mahir, disarankan untuk berlatih terlebih dahulu. Sebab, selain rute menurun juga banyak tikungan tajam dan tanjakan.

Cuaca wisata di Watulawang Sedudo Nganjuk ini tidak terlalu panas dan cenderung sejuk. Sebab dikelilingi hutan Pinus. Di samping itu lokasi berada di ketinggian 1.438 meter dpl, masuk area pegunungan Wilis.

Selain untuk bersepeda, lokasi tersebut juga dekat hamparan yang biasa dimanfaatkan untuk berkemah. Pecinta wisata sepeda juga bisa menikmati indahnya Air Terjun Sedudo.

Sementara lokasi wisata sepeda berjarak hanya sekitar 4 Km saja dari Air Terjun Sedudo. Berjarak sekitar 20 Km dari pusat Kota Nganjuk masuk di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan.

Jika penasaran ingin mencoba wisata sepeda di Nganjuk, ada baiknya segera menjadwalkan bersama keluarga menikmati panorama alam hutan Pinus di Gunung Wilis. Tak harus merogoh kocek banyak, karena tiket masuk sudah menjadi satu dengan retribusi Air Terjun Sedudo yang hanya Rp 10 ribu/orang. (bdh/bdh)