DetikNews
Selasa 29 Januari 2019, 12:37 WIB

Mahasiswa Ubaya Sambut Imlek dengan Menghias Babi dari Tanah Liat

Suki - detikNews
Mahasiswa Ubaya Sambut Imlek dengan Menghias Babi dari Tanah Liat Foto: Istimewa
Surabaya - Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) menyambut Imlek 2019 dengan menghias babi dari tanah liat. Acara tersebut melibatkan mahasiswa asing dari Vietnam, Tajikistan dan Kanada.

Jelang Tahun Baru Cina 2570, mahasiswa Ubaya membuat kreasi babi tanah. Acara tersebut digelar di Gedung International Village Lt.1 Kampus Ubaya Tenggilis, Jalan Raya Kalirungkut, Surabaya, Selasa (29/1/2019) pukul 10.00-12.00 WIB.

Acara yang melibatkan mahasiswa asing yang tengah mengikuti Program Darmasiswa Republik Indonesia di Ubaya. Yakni Vu Thi My Linh (Vietnam), Azizjon Karimov (Tajikistan) dan Arie Naccache (Kanada). Mereka didampingi mahasiswi Fakultas Industri Kreatif angkatan 2016, Fionna Clarissa dan mahasiswi angkatan 2018 Fakultas Farmasi, Angela Thamrin.


"Kami kolaborasikan beberapa mahasiswa untuk bersama menghias babi dari tanah liat jelang Hari Raya Imlek. Selain memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa asing, kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk toleransi antar umat beragama khususnya mahasiswa Ubaya," kata Humas Ubaya, Hayuning Purnama Dewi.

Semua dekorasi dan hiasan Imlek 2019 didominasi warna merah dan emas. Masyarakat Tiongkok percaya, warna merah bisa mengusir roh jahat sebagai lambang keberuntungan dan kesuksesan. Sedangkan warna emas bermakna kejayaan.

Fionna mengakui, ia belum pernah menyambut Imlek dengan membuat kreasi apapun. Ia juga menambahkan, mahasiswa Ubaya menyambut acara tersebut dengan penuh sukacita.


"Setiap tahunnya saya merayakan Tahun Baru Cina, tapi belum pernah membuat kreasi apapun. Normalnya hanya kumpul keluarga dan menunggu angpau. Kali ini buat sesuatu yang beda dengan mahasiswa asing, saya sangat senang," kata Fionna.

Selain hias dekorasi babi dari tanah liat, acara tersebut juga menampilkan pernak-pernik Imlek lainnya. Seperti pohon angpau, koin emas dan replika pakaian tradisional warga Tionghoa.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed