detikNews
Selasa 29 Januari 2019, 12:12 WIB

Tiba di Rumah Duka, 2 Jenazah Korban Mobil Tercebur Sungai Dimakamkan

Amir Baihaqi - detikNews
Tiba di Rumah Duka, 2 Jenazah Korban Mobil Tercebur Sungai Dimakamkan Foto: Istimewa
Surabaya - Dua jenazah masing-masing Fitri Nursyam (34) dan Siti Yuniati (32) korban mobil tenggelam di sungai Brantas, Ngunut, Tulungagung telah tiba ke rumah duka di Rungkut Lor Gang IX Surabaya. Keduanya langsung dimakamkan di pemakaman setempat.

Salah satu keluarga korban Maftuchi (40) mengatakan dirinya ikut mengawal dua jenazah kerabatnya itu sejak dari Tulungagung sampai di Surabaya.

"Pukul 05.00 tadi berangkatnya dari rumah sakit dr Iskak. Sampai ke rumah duka di Surabaya pukul 08.00. Kemudian kami makamkan bersama di pemakaman Islam Rungkut Lor," kata Maftuchi kepada detikcom saat ditemui di rumah duka, Selasa (29/1/2019).

Dari pantauan detikcom, sebelum dimakamkan, dua jenazah terlebih dahulu bawa ke masjid setempat untuk disalatkan. Setelah itu langsung dibawa ke pemakaman. Meski dalam suasana duka mendalam namun dari pihak keluarga tetap terlihat tegar dan tabah mengikuti semua prosesi pemakaman.


Selain diikuti pelayat dari kedua keluarga, tampak juga dalam pemakaman yakni sopir Waridi. Ia tampak sangat berduka dan tak banyak bicara. Sesekali ia juga terlihat mendatangi dan menyalami kedua keluarga korban.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Sabtu (26/1), Mobil Toyota Avanza L 1147 BF yang dikemudikan Waridi (56) warga Rungkut Lor, Surabaya tercebur ke Sungai Brantas di Desa/Kecamatan Ngunut, Tulungagung saat antre menggunakan jasa penyeberangan perahu.

Mobil tersebut tiba-tiba melaju saat diparkir di turunan dermaga penyeberangan. Pengemudi berhasil menyelamatkan diri. Sedangkan tiga penumpang masih dalam pencarian.


Selang tiga hari kemudian tiga korban penumpang mobil yakni Fitri Nusyam (34) warga Kedungasem Surabaya, Siti Yuniati (32) warga Rungkut Lor Surabaya dan Siti Alfiah (61) warga Dusun Jati, Desa Pandansari, Kecamatan Ngunut Tulungagung berhasil ditemukan.

Posisi kendaraan dan ketiga korban pertama kali diketahui pukul 21.45 WIB di kedalaman kurang dari 10 meter. Seluruh jenazah para korban masih berada di dalam mobil. Lokasi korban berada sekitar 200 meter dari tempat kejadian.

Tim Penyelam Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Surabaya dan SAR gabungan mengevakuasi dan membawa tiga jenazah ke RSUD dr Iskak.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com