Sidang Tender Jalan Kediri, 8 Terlapor Minta Perpanjangan Waktu

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 25 Jan 2019 19:28 WIB
Foto: Amir Baihaqi
Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Surabaya menggelar sidang lanjutan pemeriksaan pendahuluan perkara tender jalan di Kabupaten Kediri. Dalam sidang lanjutan tersebut para terlapor memberikan tanggapan atas laporan dugaan pelanggaran (LDP).

Sidang dipimpin oleh Ketua Majelis Komisi Ukay Karyadi pada perkara Nomor 19/KPPU-I/2018) dan M. Afif Hasbullah pada perkara Nomor 20/KPPU-I/2018), dan Anggota Majelis Komisi Kodrat Wibowo.

Majelis hakim kemudian mempersilahkan 11 terlapor untuk memberikan tanggapan atas LDP kepada para investigator dari KPPU.

Kepala Kantor Perwakilan Daerah (KPD) KPPU Surabaya, Dendy R. Sutrisno mengatakan sidang pemeriksaan pendahuluan pertama terdapat 3 terlapor (pelaku usaha) yang tidak hadir yaitu PT Tata Karunia Abadi, PT Ratna dan PT Galaxy Multi Tehnika. Meski begitu ia memastikan ketiga terlapor telah menerima LDP yang dimaksud.


"Sejak 3-4 hari yang lalu ketiga Terlapor dimaksud telah menerima LDP, dan kita harapkan hari ini seluruh Terlapor (11 Terlapor) dapat hadir dan menyampaikan tanggapannya" kata Dendy kepada detikcom di ruang Java, lantai 3 hotel JW Marriot, Surabaya, Jumat (25/1/2019).

Dalam tanggapannya, lanjut Dendy, para terlapor menyampaikan pembelaannya atas dugaan pelanggaran kepada para investigator terhadap laporan dugaan persekongkolan dalam dua tender jalan di Kabupten Kediri.

"Termasuk menyampaikan daftar dokumen dan saksi yang mendukung argumen para terlapor," terang Dendy.

Seperti diberitakan, KPPU menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan pelanggaran dua perkara tender jalan di Kabupaten kediri. Investigator KPPU Wahyu Bekti Anggoro pada sidang pertama menyampaikan laporan dugaan pelanggaran kepada para Terlapor.

Pelanggaran itu terkait dengan ketentuan pasal 22 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha.

Dalam laporan dugaan pelanggaran diketahui total nilai pagu dalam dua perkara tersebut berkisar Rp 240 miliar. Dengan rincian Obyek Perkara Nomor 19/KPPU-I/2018 dengan nilai pagu Rp 96.541.794.000,00 dan Rp 96.451.794.000,00. Sedangkan Obyek Perkara Nomor 20/KPPU-I/2018 nilai pagu sebesar Rp 47.306.533.961,00.



Sidang Terlapor Tender Jalan Kediri, 8 Terlapor Minta Perpanjangan Waktu

8 Dari 11 terlapor terkait tender jalan di Kabupaten kediri meminta perpanjangan waktu penyerahan tanggapan. Hal itu terungkap saat KPPU mengelar sidang lanjutan kedua dengan agenda mendengar tanggapan atas laporan dugaan pelanggaran (LDP).

Menanggapi permohonan itu, Ketua Majelis Komisi Pemeriksaan yang dipimpin Ukay Karyadi M Afif Hasbullah pada perkara Perkara Nomor 19/KPPU-I/2018 dan Perkara Nomor 20/KPPU-I/2018 memberikan batas waktu perpanjangan penyerahan tanggapan.

"Paling lambat harus sudah diterima Panitera Perkara dimaksud tanggal 6 Februari 2019, Pukul 16.00 WIB," kata Ketua Ketua Majelis Komisi Pemeriksaan Ukay Karyadi di ruang sidang Java, hotel JW Marriot, Jumat (25/1/2019).

Sementara itu, investigator KPPU Wahyu Bekti Anggoro mengungkapkan dalam sidang kedua yang digelar hanya 2 terlapor yang telah menyampaikan tanggapan atas LDP. Sedangkan 8 Terlapor lainnya mengajukan perpanjangan waktu penyerahan tanggapan.

"2 terlapor yang menyampaikan tanggapan LDP yakni Dinas PU dan Penataan Ruang tahun 2017 di Kabupaten Kediri dan PT Tata Karunia Abadi," terang Bekti kepada detikcom.

Adapun 8 terlapor yang meminta perpanjangan waktu penyerahan tanggapan atas LDP tersebut yakni:

1. Kelompok Kerja (POKJA) Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Unit Layanan Pengadaan (ULP) terkait Pelelangan Paket Pekerjaan Pembangunan Jalan (Kode Lelang 770207) dan Paket Pekerjaan Peningkatan Jalan (Kode Lelang 771207) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kediri Sumber Dana DAU APBD Kabupaten Kediri TA 2017

2. Kelompok Kerja (POKJA) Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Unit Layanan Pengadaan (ULP) pada Paket Pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan (Kode Lelang 902207) Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sumber Dana Spesific Grant/APBD Kabupaten Kediri TA 2017.

3. PT Kediri Putra
4. PT Triple S Indosedulur
5. PT Ayem Mulya Indah
6. PT. Ayem Mulya Aspalmix
7. PT. Ratna, dan
8. PT. Galaxy Multi Tehnika (iwd/iwd)