Sandiaga Ajak Generasi Milenial Sumenep Berani Jadi Pengusaha

Adhar Muttaqin - detikNews
Senin, 21 Jan 2019 18:09 WIB
Foto: Ahmad Rahman
Foto: Ahmad Rahman
Sumenep - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengajak generasi milenial Sumenep untuk menjadi penggerak perekonomian daerah. Menurut Sandi, Sumenep memiliki potensi besar untuk berkembang.

Potensi yang dimaksud Sandi seperti pada sektor pariwisata, kuliner, religi, kerajinan batik, hingga sinar matahari yang melimpah yang bisa diolah menjadi energi surya.

Itu semua Sandi sampaikan dalam acara 'Temu Millenials Sumenep dengan Bang Sandiaga Uno'. Acara yang berlangsung di Gedung Nasional Indonesia (GNI), Jalan Dr. Sutomo, Lingkungan Delama, Pajagalan itu mengusung tema 'Peluang Usaha Apa yang Cocok untuk Generasi Milenials'.

"Milenials adalah bonus demografi yang bisa membuat berkah untuk Indonesia. Ini merupakan kekuatan ekonomi baru. Kekuatan yang bisa membuat iri negara lain. Makanya kita harus jadi pemain, jangan jadi penonton," kata Sandi disambut riuh tepuk tangan ribuan milenials yang hadir, Senin (21/1/2019).


Menurut Sandi, untuk menentukan usaha apa yang cocok, generasi milenial bisa melihat lebih dekat potensi daerah masing-masing. Menurut Sandi, Madura memiliki potensi di sektor pariwisata.

"Yang mengerti milenials adalah milenials itu sendiri. Ada empat hal yang harus dimiliki para milenials untuk memulai usahanya. Yakni preparation, speed, endurance dan teamwork. Jika sudah menentukan, menjalankan usaha yang akan dikerjakannya setelah melakukan observasi potensi yang dimiliki daerahnya," papar Sandi.

Sandi memberi contoh seorang bernama Ayyub, penyandang disabilitas yang memiliki usaha percetakan kaos dan printing di Sumenep. Dengan merek dagang Yubisel, ia membuktikan bahwa segala keterbatasan tidak membuatnya malas berusaha.


"Ayyub adalah contoh milenial yang ingin menjadi pemain, tidak tinggal diam. Milenial yang sudah berfikir menciptakan lapangan kerja, bukan mencari kerja," kata Sandi sambil menepuk bahu Ayyub.

Di hadapan Sandi, Ayyub mengaku ingin menjadi pengusaha sukses seperti mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. Dengan keterbatasnnya, Ayyub sangat bersyukur sudah bisa memulai usaha. Kelak jika Sandi menang ia ingin mendapat bimbingan lebih banyak agar usahanya bisa lebih maju dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan di Sumenep.

"Bang Sandi maju terus, saya ingin menjadi pengusaha seperti Bang Sandi," kata Ayyub yang menggunakan kursi roda. (fat/iwd)