DetikNews
Minggu 20 Januari 2019, 20:16 WIB

Diterjang Puting Beliung, Galvalum Panti Asuhan Terbang Sejauh 30 Meter

Amir Baihaqi - detikNews
Diterjang Puting Beliung, Galvalum Panti Asuhan Terbang Sejauh 30 Meter Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Atap galvalum milik panti asuhan Al-Fatimah di Gunung Anyar Tambak, Kota Surabaya rusak dan menimpa sebuah rumah usai diterjang angin puting beliung.

Seorang saksi mata Ardi Arbianto (43) mengatakan terjangan angin puting beliung terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

"Anginnya datang dulu menerjang pohon-pohon dan atap rumah baru disusul hujan deras," kata Ardi kepada detikcom di lokasi, Minggu (20/1/2019).

Ardi menambahkan puluhan pohon di kawasan Gunung Anyar tumbang atau patah, sedangkan atap galvalum milik panti asuhan yang berukuran 6x18 meter terbang sejauh sekitar 30 meter.

"Yang paling parah ini, galvalum sampai terbang dan menimpa rumah milik Bapak Asyari yang juga petugas BPD Linmas Surabaya," terang pria yang juga Kasi Trantib Kecamatan Gunung Anyar itu.


Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun sejumlah penghuni panti dan warga yang rumahnya tertimpa galvalum harus diungsikan.

"Tidak ada korban jiwa. Karena kejadian memang rumah lagi sepi. Sementara ini Pak Asyari dan istri mengungsi di rumah mertuanya," lanjutnya.

Diterjang Puting Beliung, Galvalum Panti Asuhan Terbang Sejauh 30 MeterFoto: Amir Baihaqi

Sementara itu pengurus panti asuhan Al-Fatimah, Badrul Alex Afifi (41) menjelaskan saat kejadian asrama juga dalam keadaan lengang karena anak-anak sedang pulang ke rumah masing-masing.

Anak-anak penghuni panti yang tersisa pun sudah dipindahkan ke asrama lain milik Yayasan Al-Fatimah.


"12 anak panti laki-laki sudah kami ungsikan ke asrama lainnya di Jalan Gunung Anyar Tambak IV Gang I Nomor 31," beber Alex.

"Untuk kerangka galvalumnya besok akan kita potong dan bongkar," imbuhnya.

Dari pantauan detikcom, hingga saat ini kerangka galvalum masih menimpa rumah warga. Selain di Gunung Anyar Tambak, angin puting beliung juga menumbangkan puluhan pohon besar di Gunung Anyar Jaya dan di sepanjang Jalan Gunung Anyar Sawah.

Petugas dari DKRT dan BPD Linmas Surabaya telah berdatangan ke lokasi untuk memangkas pohon-pohon yang tumbang, apalagi ada beberapa pohon yang tumbang dan menimpa kabel listrik.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed