Biar Lumpuh, Dinda Rela 'Ngesot' 50 Meter untuk Numpang Mandi

Sugeng Harianto - detikNews
Rabu, 16 Jan 2019 12:40 WIB
Foto: Sugeng Harianto
Magetan - Biarpun lumpuh, Dinda Putri Aprilia tak membiarkan dirinya bergantung pada orang lain. Dalam kesehariannya, bocah berusia 7 tahun ini berupaya untuk tetap mandiri.

Sang ibu, Minah (44) mencontohkan saat Dinda mandi. Diakui Minah, ia tak memiliki kamar mandi sendiri sehingga mereka harus menumpang di rumah saudara yang berjarak 50 meter.

"Ngesot sendiri mau mandi tapi kalau selesai mandi saya jemput bawa kursi roda. Berangkat mandinya ndak mau saya antar dan ingin ngesot sendiri," ungkap Minah kepada detikcom di kediamannya, Rabu (16/1/2019).

Jika sang kakak, Siswanto masuk kerja siang, ialah yang akan turun tangan membantu keseharian Dinda. Siswanto rutin menggendong Dinda ke kamar mandi dan mengantarnya kembali ke rumah.

"Kalau saya kerja masuk siang gitu pagi saya gendong ke kamar mandi. Tapi kalau saya masuk pagi, Dinda mandiri ngesot ke kamar mandi," timpal Siswanto sembari menyiapkan baju untuk Dinda.


Kemandirian Dinda tidak hanya ditunjukkan dari itu saja. Mulai dari berpakaian dan makan, semuanya dilakukan warga RT 17 RT 3, Desa Bogorejo, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan ini seorang diri.

"Ini mau pakai bedak sudah mandi biar wangi. Abis mandi, makan lauk tempe," tutur Dinda dengan malu-malu.

Menurut Dinda, ia memang paling suka makan dengan lauk tempe dan tahu goreng. Ia pun makan dengan lahap, seolah lupa dengan kondisi kedua kakinya yang tak bisa digerakkan sejak berusia 8 bulan itu.


Ditambahkan Minah, meski tak pernah mengatakannya secara langsung, Dinda lebih memilih ngesot saat berjalan karena tak ingin merepotkan keluarganya.

Minah pun mengaku berharap keluarganya mendapatkan bantuan kamar mandi demi memudahkan Dinda. Permintaan itu juga pernah diajukannya kepada perangkat desa sekitar setahun lalu.

"Dulu pernah saya usul ke bu lurah agar dibuatkan kamar mandi. Tapi katanya masih diusulkan," ungkap Minah. (lll/lll)