Karena Sering 'Ngesot', Lutut Dinda Bolak-balik Terluka

Sugeng Harianto - detikNews
Rabu, 16 Jan 2019 11:02 WIB
Foto: Sugeng Harianto
Magetan - Hampir tujuh tahun lamanya Dinda Putri Aprilia (7) terpaksa 'ngesot' karena kelumpuhan yang dialaminya sejak masih bayi. Akibat kondisi itu, lututnya pun sering terluka.

"Kalau di dalam rumah sering ngesot jadi lututnya sering lecet," ungkap sang ibu, Minah saat berbincang dengan detikcom di kediamannya, Rabu (16/1/2019).

Luka ini muncul sejak empat tahun lalu, atau saat Dinda menginjak usia tiga tahun. Tak hanya satu lutut, kedua lututnya menjadi korban karena memang Dinda mengalami kelumpuhan pada kedua kakinya sekaligus.

"Sudah saya obati, lecet lagi," tutur Minah.


Saat ditanya, Dinda mengaku 'ngesot' bukanlah pekerjaan mudah baginya. Ia juga kerap mengeluh sakit pada kedua lututnya saat berjalan 'ngesot'.

"Ya capek dan sakit," ujarnya lirih sambil memegangi kedua lututnya.


Namun tak banyak yang bisa dilakukan Minah untuk mengatasi kondisi putrinya. Untuk mencegah luka lecet pada Dinda, wanita berusia 44 tahun itu hanya memakaikan celana panjang untuk Dinda.

Karena keterbatasan ekonomi, Minah juga tak mampu membelikan alat bantu berjalan yang layak untuk Dinda. Saat ini Dinda disebut memiliki kursi roda, namun itu pun bekas dan kondisinya sudah usang.

"Kalau pengen keluar rumah gitu baru pakai kursi roda bekas pemberian saudara," ujar Minah sambil menunjuk ke kursi roda Dinda. (lll/lll)