Dengar Cerita Dinda, Bocah asal Magetan yang Sudah 7 Tahun 'Ngesot'

Sugeng Harianto - detikNews
Rabu, 16 Jan 2019 09:41 WIB
Foto: Sugeng Harianto
Magetan - Kisah Adul, bocah asal Sukabumi yang rela berangkat sekolah dengan merangkak karena disabilitas yang dialaminya mungkin masih melekat di ingatan. Namun di Magetan, kisah serupa juga terjadi.

Namanya Dinda Putri Aprilia. Usianya 7 tahun. Kondisi fisik Adul dan Dinda sedikit berbeda. Bila Adul memiliki kaki yang tidak tumbuh sempurna, maka Dinda memiliki kaki yang utuh namun lumpuh.

Menurut sang ibu, Minah, kelumpuhan yang dialami Dinda terjadi sejak usianya masih 8 bulan.

Saat itu Dinda terserang demam tinggi, namun karena ketidaktahuan dan ingin menghemat biaya, keluarga hanya membawanya ke dukun pijat.

"Bukan demamnya jadi reda usai saya pijatkan, tapi malah meninggi hingga kejang-kejang dan malah mengalami kelumpuhan," terang Minah kepada detikcom saat ditemui di kediamannya, Rabu (16/1/2019).


Kini Dinda hanya tinggal bertiga dengan ibu dan kakak laki-lakinya, Siswanto (20). Siswanto pun menjadi tulang punggung keluarga sejak sang ayah, Sutopo meninggal dunia, tiga bulan lalu.

Hal ini berdampak pada perekonomian keluarga yang tinggal di RT 17 RT 3, Desa Bogorejo, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan ini.

"Bapaknya sudah meninggal sekitar tiga bulan lalu, ini jelang 100 harinya. Bapaknya sakit stroke tahunan lamanya. Ini saya juga divonis diabet. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari hanya mengandalkan anak pertama saya, Siswanto, yang alhamdulillah dapat pekerjaan di pabrik desa sebelah," tuturnya.


Penghasilan Siswanto pun tak seberapa sebagai buruh pabrik pakaian dalam, yaitu berkisar Rp 1 juta setiap bulannya.

Lantas mengapa Dinda harus ngesot tiap kali berjalan? Ternyata keluarga ini juga tidak memiliki kursi roda yang layak untuk putri bungsu mereka. Satu-satunya kursi roda yang dimiliki juga merupakan kursi roda bekas.

"Kalau pengen keluar rumah gitu baru pakai kursi roda bekas pemberian saudara," ujar Minah sambil menunjuk ke kursi roda yang sudah sedikit usang.

Sejak Dinda lumpuh, keluarga hanya bisa pasrah dengan keadaannya. Pengobatan dihentikan begitu saja, apalagi mereka tak punya biaya. Dinda juga tak disekolahkan.



Tonton juga video 'Bulan Sumringah Dapat Kursi Roda dari Jokowi dan Ruben Onsu':

[Gambas:Video 20detik]


Dengar Cerita Dinda, Bocah asal Magetan yang Sudah 7 Tahun 'Ngesot'
(lll/lll)