DetikNews
Senin 14 Januari 2019, 11:25 WIB

Jual Motor Curian di Facebook, Dua Pelajar di Ponorogo Ditangkap

Charolin Pebrianti - detikNews
Jual Motor Curian di Facebook, Dua Pelajar di Ponorogo Ditangkap Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Dua pelajar SMA berusia 18 dan 17 tahun, di Ponorogo, ditangkap karena mencuri sepeda motor. Keduanya ditangkap usai pemiliknya warga Desa Kradenan, Kecamatan Jetis, melihat motornya dijual melalui media sosial, facebook.

"Tersangka melakukan pencurian tersebut bersama. Keduanya masih berstatus pelajar kelas 2 SMA," tutur Kapolsek Jetis AKP Suwito di kantornya, Senin (14/1/2019).

Aksi itu dilakukan keduanya pukul 22.50 WIB. Korban memarkirkan motornya di pinggir jalan tanpa dikunci stang untuk melihat orkes dangdut. Melihat kesempatan itu, kedua tersangka langsung melancarkan aksinya dengan menggunakan kunci T yang ia temukan dari bengkel.

"Selama 1 jam mereka berhasil membawa kabur motor jenis Satria Fu Nopol AE 2950 VC," terang dia.

Keduanya pun menjual motor hasil curiannya melalui media sosial facebook ke area Magetan. Guna memancing kedua tersangka, akhirnya polisi berpura-pura menjadi pembeli. Keduanya pun kini diamankan di Polsek Jetis untuk dimintai keterangan.

"Menurut pengakuan tersangka juga pernah melakukan pencurian sepeda motor di Kecamatan Babadan," imbuh dia.

Sepeda motor curian tersebut dijual dengan harga Rp 2,5 juta. Para tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

"Hukuman maksimal 9 tahun penjara," tukasnya.

Sementara salah satu tersangka mengatakan dirinya memang menyasar sepeda motor di tempat pertunjukan orkes dangdut. Bahkan dia menulis daftar pertunjukan orkes dangdut di area Ponorogo.

"Cari yang sepi, kemudian diambil pakai kunci T," papar dia.

Saat disinggung uang hasil pencurian, uangnya digunakan untuk membeli alat modifikasi motornya. "Buat modifikasi motor uangnya," pungkas dia.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed